PENGARUH PROGRAM CITY BRANDING MELALUI APLIKASI WIS SEMAR TERHADAP PERTUMBUHAN WISATAWAN DAN PENGETAHUAN SEJARAH WISATAWAN DI KOTA SEMARANG
Aufa Almaqoshid , 1102414014 (2019) PENGARUH PROGRAM CITY BRANDING MELALUI APLIKASI WIS SEMAR TERHADAP PERTUMBUHAN WISATAWAN DAN PENGETAHUAN SEJARAH WISATAWAN DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PROGRAM CITY BRANDING MELALUI APLIKASI WIS SEMAR TERHADAP PERTUMBUHAN WISATAWAN DAN PENGETAHUAN SEJARAH WISATAWAN DI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat dinamis menuntut banyak kalangan untuk terus memperbarui system, pola pikir dan sebagainya. Bidang pariwisata juga terdampak oleh hal tersebut. Infrastuktur, sarana dan prasarana, dan pengadaan fasilitas pelayanan public juga harus didasarkan terhadap dinamisnya perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dari program city branding melalui aplikasi Wis Semar terhadap pertumbuhan wisatawan Kota Semarang, pengaruh program city branding melalui aplikasi Wis Semar terhadap pengetahuan sejarah wisawatan, dan pengaruh pertumbuhan wisatawan Kota Semarang terhadap pengetahuan sejarah wisawatan. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang ditujukan kepada 100 wisatawan dengan rentang umur dari 15 tahun sampai 40 tahun yang mengunjungi tempat wisata dengan nilai budaya dan sejarah di Kota Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu dan Klenteng Sam Poo Kong. Metode pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner, menggunakan metode peneletian kuantitatif deskriptif model survey dan menggunakan uji hipotesis model analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini, program city branding melalui aplikasi wis semar berpengaruh terhadap pertumbuhan wisatawan Kota Semarang sebesar 76,0%, pertumbuhan wisatawan Kota Semarang berpengaruh terhadap pengetahuan sejarah wisatawan sebesar 13,7% , dan program city branding melalui aplikasi Wis Semar berpengaruh terhadap pengetahuan sejarah wisatawan di Kota Semarang sebesar 84,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, program city branding Kota Semarang mampu untuk meningkatkan pertumbuhan wisatawan secara signifikan dan juga dapat memberikan pembelajaran tentang sejarah dan budaya kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi program-program city branding berbasis teknologi terutama android untuk terus menjaga konsistensi wisatawan di Kota Semarang dan memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada wisatawan tentang pentingnya budaya dan sejarah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Pertumbuhan Wisatawan, Pengetahuan Sejarah. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 16:28 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 16:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33325 |
Actions (login required)
View Item |