PENGARUH PRODUK MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO IDE KEJORA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR


BARATA , 1102413116 (2019) PENGARUH PRODUK MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO IDE KEJORA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PRODUK MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO IDE KEJORA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR]
Preview
PDF (PENGARUH PRODUK MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO IDE KEJORA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi ternyata turut pula memainkan peran penting dalam memperbaharui konsepsi pembelajaran yang semula fokus pada pembelajaran sebagai semata-mata suatu penyajian berbagai pengetahuan menjadi pembelajaran sebagai suatu bimbingan agar mampu melakukan eksplorasi social budaya yang kaya akan pengetahuan. Setelah memperhatikan manfaat media pembelajaran dan macam-macam media pembelajaran, maka peneliti akan menggunakan media pembelajaran audio-visual yang berupa video pembelajaran dalam penelitian ini. Di zaman sekarang ini mata pelajaran yang termasuk muatan lokal banyak di pandang sebelah mata oleh kebanyakan siswa, dikarenakan pada pelajaran ini berisi materi yang membosankan dan tidaklah penentu pada ujian nasional. SMA 1 Karangkobar merupakan sekolah yang memperhatikan dan peduli terhadap budaya yang ditanamkan leluhur. Selain itu sekolah ini merupakan sekolah yang berprestasi. Pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran seni budaya yaitu IDE KEJORA “Video clip pembelajaran kreativitas seni tari untuk penanaman etika”. Dengan adanya video tersebut dapat menjadi media yang digunakan kembali untuk proses pembelajaran mata pelajaran seni budaya.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari produk media video ide kejora terhadap hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya kelas X di SMA N 1 Karangkobar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Satu kelompok diberi perlakuan dengan produk media video ide kejora, kelompok satunya diberi perlakuan tanpa menggunakan produk media video ide kejora. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan dokumentasi. Analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan analisis deskriptif, analisis uji syarat, uji hipotesis, uji peningkatan.Dari penelitian ini dan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari produk media video ide kejora pada mata pelajaran seni budaya di kelas X di SMA N 1 Karangkobar.Mulai dari kualitas produksi videonya, fasilitas-fasilitas yang memenuhi untuk adanya proses pembelajaran menggunakan media video dan meningkatkan hasil belajar siswa. Adanya pembelajaran menggunakan media video ide kejora ini, respon siswa sangat tertarik untuk mengikuti pembelajaran dengan serius.Saran dari peneliti, untuk bisa melakukan proses pembelajaran IDE KEJORA ini, diharapkan pihak sekolah meningkatkan SDM guru dan siswa dalam bidang pemanfaatan media video, memfasilitasi sarana dan prasarana seperti adanya kamera, ditambahnya komputer dan software editing video.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video Ide Kejora, Seni Budaya, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:30
Last Modified: 26 Nov 2019 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33324

Actions (login required)

View Item View Item