KAJIAN FENOMENOLOGI PERSPEKTIF GURU TERHADAP KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG


Arif NurMuhamad , 1102413073 (2019) KAJIAN FENOMENOLOGI PERSPEKTIF GURU TERHADAP KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KAJIAN FENOMENOLOGI PERSPEKTIF GURU TERHADAP KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG]
Preview
PDF (KAJIAN FENOMENOLOGI PERSPEKTIF GURU TERHADAP KURIKULUM KUTTAB AL-FATIH SEMARANG) - Published Version
Download (746kB) | Preview

Abstract

Ditengah maraknya degradasi moral anak bangsa, munculah sistem pendidikan baru guna mengatasi permasalahan moral anak bangsa, yang memunculkan kembali sistem pendidikan zaman Rosulullah SAW dengan semangat peningkatan Keimanan dan Perbaikan Adab, Lembaga ini namanya Kuttab Al-Fatih. Kuttab adalah tempat utama di dunia Islam untuk mengajari anak-anak. Keberadaannya begitu agung dalam kehidupan masyarakat Islam, khususnya dikarenakan Kuttab merupakan tempat anak-anak belajar Al Quran. Kuttab AL-Fatih memiliki dua Kurikulum yakni Kurikulum Iman dan Kurikulum Al-Qur’an. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perspektif Guru terhadap Kurikulum Kuttab Al-Fatih Semarang dan Dampak Kurikulum terhadap perkembangan peserta didik. Pendekatan kualitatif fenomenologis dengan analisis data Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) dipilih sebagai metode penelitian karena kesesuaiannya dengan tujuan penelitian. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam semi-terstruktur pada tiga guru Kuttab Al-Fatih Semarang yang dibedakan berdasarkan lama mengajar. Pada penelitian ini ditemukan tiga tema induk, yaitu (1) Kurikulum, (2) Kurikulum Kuttab Al-Fatih Semarang dan (3) Dampak Kurikulum .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perspektif Guru, Kurikulum Kuttab Alfatih, Dampak Kurikulum
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:30
Last Modified: 26 Nov 2019 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33323

Actions (login required)

View Item View Item