PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NU UNGARAN


Khudlori Ahmad , 1102412092 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NU UNGARAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NU UNGARAN) - Published Version
Download (865kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran pemrograman dasar siswa diharapkan mampu untuk membuat sebuah program dalam pekerjaan koding/pemrograman. Hal ini membutuhkan penghafalan dan ketelitian siswa. Penyampaian materi yang dilakukan dengan cara biasa seperti model ceramah dan buku saja dirasa tidak akan secara maksimal di terima oleh siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkanlah sebuah media pembelajaran menggunakan android yang lebih efektif, efisien, dan dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran dan mengukur tingkat keefektifan media pembelajaran Pemrograman Dasar pada pokok bahasan dasar-dasar algoritma menggunakan android untuk siswa SMK Kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE dimulai dari tahap analisis meliputi analisis metode dalam proses pembelajaran, pengguna, materi, media dan sarana dan prasarana. Tahap berikutnya adalah tahap design meliputi design peta kompetensi, peta materi, penyusunan GBIM, penyusunan naskah, kemudian design penggunaannya. Untuk tahap yang ketiga adalah tahap development yaitu proses pengembangan naskah menjadi produk sesuai dengan peta kompetensi, peta materi dan GBIM. Lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap implementation atau tahap penerapan media pembelajaran menggunakan android yang telah jadi. Untuk tahap terakhir adalah tahap evaluasi yakni peneliti mengevaluasi kekurangan media pembelajaran menggunakan android untuk disempurnakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan android yang peneliti kembangkan dapat dikatakan layak dan memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi yang mendapatkan nilai 90,7 %, sedangkan untuk validasi oleh ahli media mendapatkan 97,5% dengan kriteria sangat baik. Penilaian yang diperoleh dari aspek rekayasa perangkat lunak memiliki kategori sangat baik dengan skor 20 dan presentase 100%, dan aspek komunikasi audio visual memiliki kategori sangat baik dengan skor 58 dan presentase 96,7%. Hal ini juga dibuktikan dengan perbandingan hasil belajar pada tahap pretest dan tahap posttest yang memperoleh nilai t tabel sebesar 2,037 sedangkan untuk nilai t hitung diperoleh nilai sebesar 11,84 untuk jumlah responden 33 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X.2 TKJ di SMK NU Ungaran. Saran yang dapat diberikan hendaknya dari pihak SMK NU Ungaran untuk dapat menerapkan media pembelajaran menggunakan android ini kepada para siswa sebagai salah satu pendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, SMK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 12:10
Last Modified: 26 Nov 2019 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33322

Actions (login required)

View Item View Item