Studi Ekperimental Tentang Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Dalam Proses Pembelajaran BiologiI Siswa Kelas I Semester 1 Tahun Pembelajaran 2004/2005.


Eko Muji Lestari, 1124000039 (2005) Studi Ekperimental Tentang Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Dalam Proses Pembelajaran BiologiI Siswa Kelas I Semester 1 Tahun Pembelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Ekperimental Tentang Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Dalam Proses Pembelajaran BiologiI Siswa Kelas I Semester 1 Tahun Pembelajaran 2004/2005.]
Preview
PDF (Studi Ekperimental Tentang Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis KBK Dalam Proses Pembelajaran BiologiI Siswa Kelas I Semester 1 Tahun Pembelajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih digunakannya metode pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Metode tersebut kurang mampu mendorong siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, masih rendahnya nilai mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran yang mampu mendorong siswa berperan aktif. Salah satu metode tersebut yaitu metode inkuiri. Sehubungan dengan kebijakan pemerintah tentang KBK, maka dalam pelaksanaan penelitian ini, metode pembelajaran inkuiri ini disesuaikan dengan materi yang telah ber-KBK. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah yaitu sejauhmana efektivitas metode pembelajaran inkuiri berbasis KBK terhadap hasil belajar dalam proses pembelajaran Biologi pada siswa kelas VII semester I. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara metode pembelajaran inkuiri dengan metode konvensional dalam proses pembelajaran Biologi pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2004/2005. Populasi adalah seluruh siswa SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2004/ 2005. Sedangkan sampel adalah sebagian siswa kelas VII SMP Negeri 24 Semarang. Pola eksperimen yang dipakai adalah pola Matching Group Design (M-G), maka dibutuhkan dua group yaitu group kontrol dan group eksperimen yang terdiri dari campuran antara siswa kelas VII-D dan siswa kelas VII-E SMP Negeri 24 Semarang, yang berjumlah 16 siswa. Sebelum pelaksanaan eksperimen dimulai, terlebih dahulu dilakukan penyeimbangan kedua group tersebut. Data penelitian diperoleh dengan metode test yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Data diambil setelah pelaksanaan eksperimen, bagi group eksperimen maupun group kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil rata-rata post test pada pembelajaran konvensional adalah 6,44 dan hasil post test pada pembelajaran inkuiri adalah 7,19.Dari hasil analisis statistik pada taraf signifikansi 5 % dan dk (n-1) diperoleh t hitung = 3.77 dan t tabel = 2,13.. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang menyatakan ada perbedaan yang signifikansi antara metode konvensional dengan metode inkuiri terhadap hasil belajar, diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode pembelajaran inkuiri, kuantitatif, eksperimen.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:57
Last Modified: 15 Aug 2011 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item