KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN TEACHER CENTERED LEARNING DIBANDING STUDENT CENTERED LEARNING MELALUI MEDIA FACEBOOK DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SRAGEN


Lailatul Ainiyah , 1102412055 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN TEACHER CENTERED LEARNING DIBANDING STUDENT CENTERED LEARNING MELALUI MEDIA FACEBOOK DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SRAGEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN TEACHER CENTERED LEARNING DIBANDING STUDENT CENTERED LEARNING MELALUI MEDIA FACEBOOK DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SRAGEN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL DENGAN TEACHER CENTERED LEARNING DIBANDING STUDENT CENTERED LEARNING MELALUI MEDIA FACEBOOK DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SRAGEN) - Published Version
Download (805kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar yang saling bertukar informasi. Pembelajaran sangat penting guna untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, seorang pendidik perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat agar pembelajaran efektif. Student centered learning merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pendekatan pembelajaran ini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat mengembangkan pengetahuannya. Pendekatan pembelajaran ini bisa menjadi terobosan untuk proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 04 Sragen agar lebih efektif dari pendekatan pembelajaran yang dipakai sebelumnya yaitu teacher centered learning, guna meningkatkan hasil belajar siswanya. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian The Only Matching Pretest-Postest Control Group. Sampel terdiri dari dua kelas TKJ dengan jumlah 60 siswa. Dua kelas tersebut dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diberi pendekatan pembelajaran student centered learning. Besarnya peningkatan hasil belajar setelah diberi pendekatan pembelajaran ini adalah 36,16% yaitu dari 60,22 menjadi 81,99. Hal ini menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran teacher centered learning hanya sebesar 17%. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran student centered learning lebih efektif dibanding pendekatan pembelajaran teacher centered learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, pendekatan pembelajaran ini juga berpotensi meningkatkan hasil belajar siswa dan juga berpotensi menstimulus para siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Student Centered Learning, Teacher Centered Learning, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 12:19
Last Modified: 26 Nov 2019 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33318

Actions (login required)

View Item View Item