PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP PGRI TEGOWANU


Andreas Johan Tua Winardo Sihaloho , 1102412045 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP PGRI TEGOWANU. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP PGRI TEGOWANU]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP PGRI TEGOWANU) - Published Version
Download (498kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Namun selama ini dalam proses pembelajaran guru cenderung hanya melakukan ceramah tanpa adanya metode pembelajaran yang variatif sehingga peserta didik dikhawatirkan akan cepat bosan dan tidak dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran dan mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Penguasaan media pembelajaran bagi seorang guru merupakan hal yang penting, dengan adanya media pembelajaran guru dapat memberikan proses pembelajaran yang bervariasi dan inovatif. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan produk berupa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire, sebagai penunjang proses pembelajaran IPS. Dalam pengembangan Lectora Inspire peneliti menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan ini memuat lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. di mana dalam proses pengembangan peneliti menguji tingkat kelayakan penggunaan produk. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan rerata. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu guru, dan 21 peserta didik kelas VII SMP PGRI Tegowanu. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media pembelajaran Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian produk yang dilakukan oleh ahli media dikategorikan “layak” untuk diimplementasikan dengan rerata skor 3,02. Penilaian guru saat produk diimplementasikan menunjukan rerata skor 3,43 dikategorikan “sangat layak”. Besarnya penilaian peserta didik dengan rerata skor 3,13 dikategorikan ”layak” ini menunjukan bahwa tingkat kelayakan penggunaan produk dalam penilaian yang baik. Diharapkan bagi guru untuk bisa membuat media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga bisa membuat peserta didik lebih antusias dalam belajar dan memudahkan pada mata pelajaran yang dianggap sulit dan peserta didik diharapkan untuk memanfaatkan segala teknologi yang ada saat ini. Karena di era digital ini banyak sekali informasi yang bisa didapat oleh siswa termasuk beragam media bahan ajar yang bisa mempermudah dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 12:20
Last Modified: 26 Nov 2019 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33317

Actions (login required)

View Item View Item