Keefektifan Metode PQRST Dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I SMP Negeri I Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2004/2005.

Dwi Kartikawati, 1124000037 (2005) Keefektifan Metode PQRST Dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I SMP Negeri I Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Keefektifan Metode PQRST Dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I SMP Negeri I Brangsong Kendal Tahun Ajaran 2004/2005.) - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Salah satu tujuan umum pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 1994 yang terkait dengan pembelajaran membaca adalah siswa dapat memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan. Sebenarnya siswa sudah dapat membaca dengan lancar, tetapi hanya sebatas membaca dalam arti melambangkan tulisan. Jika menjawab pertanyaan isi bacaan, siswa melihat kembali isi bacaan tersebut. Pada akhirnya siswa kesulitan menyusun kembali isi bacaan dan tidak dapat menceritakan isi bacaan. Hal ini merupakan kebiasaan membaca yang salah. Metode PQRST ini dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam membaca pemahaman dan membantu siswa yang daya ingatanya kurang atau kurang memahami bacaan yang dibacanya dengan langkah-langkah membaca. Sehingga penulis ingin melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode PQRST dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas VII SMP Negeri I Brangsong Kendal Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan dengan metode PQRST dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan kelompok yang tidak menggunakan metode PQRST dan mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan metode PQRST yang diberikan oleh guru dalam membaca pemahaman teks bacaan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 7 kelas yang berada di SMP Negeri 1 Brangsong kendal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling. Dari 7 kelas yang ada diambil 2 kelas untuk sampel penelitian. variabel dalam peneliitan ini ada dua yaitu penggunaan metode PQRST sebagai variabel bebas dan prestasi belajar membaca pemahaman siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan dengan metode PQRST pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Brangsong tahun pelajaran 2004/2005 adalah 7,1 sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol adalah 6,1. Setelah dilakukan analisis statistik dengan t test diperoleh harga thitung = 8.034 > t(0,975)(58) = 2.00. Dengan demikian menunjukkan bahwa metode PQRST dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Brangsong. Efektivitas penggunaan metode PQRST dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 16,39%. Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saran-saran yaitu : 1) Dalam proses belajar mengajar hendaknya guru mengefektifkan penggunaan metode PQRST dalam kegiatan belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SLTP agar hasil belajar siswa meningkat dan 2) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan populasi yang lebih luas sehingga diperoleh simpulan yang lebih menyakinkan

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 15 Aug 2011 00:53
    Last Modified: 15 Aug 2011 00:53

    Actions (login required)

    View Item