PROSES PEMBELAJARAN TARI GENDRUWON PADA PAGUYUBAN SENI BARONG SINGO POLE DESA TODANAN BLORA


Rafik Ayu Izzatisari , 2501415166 (2019) PROSES PEMBELAJARAN TARI GENDRUWON PADA PAGUYUBAN SENI BARONG SINGO POLE DESA TODANAN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PEMBELAJARAN TARI GENDRUWON PADA PAGUYUBAN SENI BARONG SINGO POLE DESA TODANAN BLORA]
Preview
PDF (PROSES PEMBELAJARAN TARI GENDRUWON PADA PAGUYUBAN SENI BARONG SINGO POLE DESA TODANAN BLORA) - Published Version
Download (879kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran tari Gendruwon termasuk dalam pembelajaran nonformal dimana kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermakna bagi warga belajar jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi warga belajar. Masalah yang dikaji adalah bagaimanakah proses pembelajaran tari Gendruwon pada Paguyuban Seni Barong Singo Pole. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran Tari Gendruwon pada Paguyuban Seni Barong Singo Pole Desa Todanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pedekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan kriteria kepercayaan dan teknik triangulasi meliputi triangulasi Sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran tari Gendruwon pada Paguyuban Seni Barong Singo Pole meliputi perencanaan program pembelajaran, pelaksanaan program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran. Perencanaan program pembelajaran meliputi warga belajar, materi pembelajaran tari Gendruwon, guru, metode pembelajaran. Pelaksanaan program pembelajaran meliputi pemberitahuan pada warga belajar tentang penyelenggaraan kegiatan, menetapkan tempat penyelenggaraan dan mempersiapkan kelengkapan materi. Evaluasi program pembelajaran meliputi evaluasi hasil pembelajaran, evaluasi hasil proses pembelajaran dan evaluasi akhir. Hasil proses pembelajaran tari Gendruwon pada Paguyuban Seni Barong Singo Pole tidak dilaksanakan secara formal, meskipun begitu pembelajaran sudah cukup memenuhi kebutuhan siswa dalam mempelajari tari, dilihat dari metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah dan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada Pelatih Paguyuban Seni Barong Singo Pole pelaksanaan pembelajaran akan berjalan dengan optimal apabila didukung oleh persiapan yang matang, oleh karena itu pelaksanaan pembelajaran tari pada Paguyuban Seni Barong Singo Pole akan lebih baik jika dibuat lebih terstruktur dengan diawali kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Serta pelatih lebih banyak memberikan koreksi-koreksi terhadap gerakan warga belajar yang dinilai masih belum memenuhi kriteria. Dengan begitu akan meningkatkan pembelajaran lebih efektif dan kualitas pembelajaran menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses, pembelajaran, tari Gendruwon
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Nov 2019 18:55
Last Modified: 20 Nov 2019 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33299

Actions (login required)

View Item View Item