Pengaruh Experiential Marketing dan Promosi Terhadap oyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang


Ilham Adining Sasongko , 7350406550 (2011) Pengaruh Experiential Marketing dan Promosi Terhadap oyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Experiential Marketing dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang]
Preview
PDF (Pengaruh Experiential Marketing dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah experiential marketing dan promosi. Keduanya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh experiential marketing dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada objek wisata umbul sidomukti Kabupaten Semarang baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan promosi terhadap loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah pengunjung Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus iterasi dan diperoleh 115 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 15,250 + 0,167 X1 + 0,182 X2. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,253 artinya 25,3% variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel experiential marketing dan promosi serta sisanya 74,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara experiential marketing dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang baik secara parsial maupun secara simultan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pengelola Objek Wisata Umbul Sidomukti hendaknya meningkatkan konsep pendekatan experiential marketing dengan memberikan pelayanan tambahan, menambah berbagai wahana permainan yang lebih unik dan menarik serta mengoptimalkan kegiatan promosi yang sesuai dengan harapan pelanggan untuk dapat membujuk pelanggan agar loyalitas pelanggan pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Promosi, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:51
Last Modified: 25 Apr 2015 05:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item View Item