Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid


Juniarti Ika, - and Sri Susilogati Sumarti, KIMIA UNNES and Antonius Tri Widodo, - (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid. Journal of Innovative Science Education, 6 (1). pp. 50-57. ISSN 2252-6412

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid) - Published Version
Download (356kB) | Preview
[thumbnail of Review_Penerapan_Model_Pembelajaran_Inkuiri_Terbimbing_Terhadap.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran aktif dan inovatif mampu membantu siswa untuk memahami fakta, prinsip dan konsep serta aktif melakukan penemuan secara langsung sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap self efficacy dan hasil belajar kimia siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest and posttest control group. Sampelpenelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Analisis data penelitian dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan rerata self efficacy siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap self efficacy siswa (2) terdapat perbedaan rerata hasil belajar kognitifsiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar (3)besar kontribusi pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap self efficacy sebesar 32,60% (4) besar kontribusi pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif sebesar 14,76% dan (5) persentase jumlah siswa kelas eksperimen yang tuntas pada hasil belajar afektif dan psikomotorik lebih tinggi dari kelas kontrol. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap self efficacy dan hasil belajar kimiasiswa pada materi koloid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Self Efficacy, Students Achievement of Chemistry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2019 17:52
Last Modified: 03 Aug 2020 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item View Item