Pengembangan Media Pembelajaran Flash Berbasis Guided Discovery Untuk Hasil Belajar Siswa
Lia Listantia , - and Sri Susilogati Sumarti, KIMIA UNNES and Agung Tri Prasetya, - (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Berbasis Guided Discovery Untuk Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 4 (2). pp. 23-28. ISSN 2252-6609
Preview |
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran Flash Berbasis Guided Discovery Untuk Hasil Belajar Siswa.)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media Flash berbasis guided discovery yang layak, efektif dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development yang terdiri dari tiga tahap yakni Define, Design, and Develop. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media Flash berbasis guided discovery layak digunakan dalam pembelajaran. Media Flash berbasis guided discovery dinyatakan efektif karena 75% siswa dari subjek penelitian mencapai nilai KKM pada hasil tes dan aspek afektif dan psikomotorik mendapat predikat baik. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa media Flash berbasis guided discovery dinyatakan mendapat respon baik dari siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media Flash berbasis guided discovery untuk hasil belajar siswa dinyatakan layak, efektif, dan mendapat respon positif dari siswa dan guru sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Discovery Hasil Belajar Siswa Media Flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 17:54 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 18:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33251 |
Actions (login required)
View Item |