Variasi Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Pati


Apriesca Eka Cahya , 2102407181 (2011) Variasi Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Variasi Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Pati]
Preview
PDF (Variasi Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Pati) - Published Version
Download (719kB) | Preview

Abstract

Guru perlu memiliki keterampilan dasar mengajar yang diperlukan saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang perlu dilaksanakan yaitu menutup pelajaran. Menutup pelajaran merupakan kegiatan dan pernyataan guru untuk menyimpulkan materi atau mengakhiri kegiatan inti. Dalam pelaksanaan menutup pelajaran, dapat muncul variasi antara guru yang satu dengan guru yang lain baik dalam satu sekolah maupun dengan sekolah yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana variasi menutup pelajaran dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri se-Kecamatan Pati. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi varisasi menutup pelajaran dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri se-Kecamatan Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sumber data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang berlangsung dan guru-guru bahasa Jawa di SMP Negeri se- Kecamatan Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menutup pelajaran oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri se-Kecamatan Pati bervariasi. Variasi menutup pelajaran dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri se-Kecamatan Pati meliputi dua kategori yaitu meninjau kembali dan mengevaluasi. Kategori meninjau kembali meliputi komponen merangkum pelajaran dan membuat ringkasan. Kategori mengevaluasi meliputi komponen mengadakan demonstrasi keterampilan, mengaplikasikan ide baru, mengeksplorasi pendapat siswa sendiri, serta memberi tugas dan latihan. Saran yang diajukan adalah hendaknya guru selalu melakukan kegiatan menutup pelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan prinsip, komponen, dan tujuan menutup pelajaran sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Guru sebaiknya menutup pelajaran dengan cara bervariasi atau tidak monoton, sehingga menjadi lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Hendaknya para calon peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menutup pelajaran, pembelajaran bahasa Jawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2011 02:52
Last Modified: 25 Apr 2015 05:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item