Peranan Pondok Pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah Terhadap Kehidupan Masyarakat Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal tahun 1975-2003.

Dyah Sari Hikmah Akta P, 3114000020 (2005) Peranan Pondok Pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah Terhadap Kehidupan Masyarakat Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal tahun 1975-2003. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peranan Pondok Pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah Terhadap Kehidupan Masyarakat Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal tahun 1975-2003.) - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    Pemilihan judul pada skripsi ini didasarkan pada peranan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di pedesaan. Sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam pondok psantren banyak diminati masyarakat pedesaan. Untuk itu peneliti ingin mengetahui lewat penelitian tentang kegiatan dan proses pendidikan serta pengajaran disalah satu pondok pesantren didesa Danawarih Tegal yaitu pondok pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah dan peranannya terhadap masyarakat sekitarnya tahun 1975-2003. Permasalahan yang dibahas adalah (1)Latar belakang berdirinya pondok pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah. (2)Pertumbuhan dan perkembangannya. (3) Peranannya terhadap kehidupan masyarakat sekitar dalam bidang pendidikan, agama, sosial budaya, ekonomi dan politik. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengungkap dan memaparkan tentang kegiatan pendidikan dan pengajaran pondok pesantren yang dipimpin oleh K.H. Hasyim Jamhari. Manfaat yang diharapkan dari penulisan ini ialah dapat memberi masukan kepada pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional untuk mengikut sertakan pesantren dalam pembangunan mental spritual dan memberi masukan kepada pemimpin pesantren atau Kyai untuk membawa siswa atau santri sesuai dengan tuntutan zaman melalui program pendidikan atau kurikulum serta diharapkan out put pondok pesantren (alumni) bersikap aspiratif, progresif inovatif sehingga siswa atau santri dapat beradaptasi dalam masyarakat dan memiliki kemampuan siap pakai serta berakhlak mulia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah meliputi langkah-langkah,(1) Heuristik,(2) Kritik sumber,(3) Interpretasi,(4) Historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah dirintis didirikan atas dorongan masyarakat desa Danawarih yang sangat membutuhkan wadah pendidikan pengajian untuk anak-anak dan orang tua. Pondok pesantren yang didirikan tahun 1975 oleh K.H. Hasyim Jamhari semakin berkembang berkat wawasan dan keterbukaannya sebagai pemimpin pondok pesantren yang berani melakukan perubahan dalam sistem pendidikan dan pengajaran di pondok pesantrennya. Tahun 1982 dan 1984 membuka sistem madrasah/klasikal serta menambah sarana dan prasarana yaituruang-ruang kelas/gedung dan staf pengajar, dan pada bulan Agustus tahun 2002 menjadi Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Al Hasyimiyyah. Dampak perkembangan pondok pesantren ikut juga dirasakan oleh masyarakat sekitar baik dalam bidang pendidikan,agama,sosial budaya, ekonomi dan politik. Dalam bidang pendidikan hampir semua masyarakat mengenyam pendidikan, bidang agama terlihat suasana Islami di lingkungan masyarakat. Bidang sosial budaya tampak dalam hal Ukhuwah Islamiah, bidang ekonomi meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar diluar sektor pertanian dan bidang politik hampir semua anggota masyarakat Danawarih mengikuti jejak pemimpinnya yaitu Kyai sebagai pembina ajaran Islam Ahlussunah Waljama’ah. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah wawasan tentang pondok pesantren sebagai pendidikan Islam dan sebagai media pembangunan masyarakat, dan untuk pengelola pondok pesantren diharapkan dapat meningkatkan mutu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Mar 2011 23:31
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:58

    Actions (login required)

    View Item