KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII


S Amalludin, Matematika Unnes and E Pujiastuti, Matematika Unnes and R B Veronica, Matematika Unnes (2016) KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (1). pp. 69-76. ISSN 2252-6927

[thumbnail of PDF_KEEFEKTIFAN_PROBLEM_BASED_LEARNING.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU FUN MATH BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

berbantu Fun Math Book terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diperoleh kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data meliputi metode tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi, dan uji ketidaksamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah siswa di kelas, dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantu Fun Math Book efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fun Math Book; Kemampuan Pemecahan Masalah; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Oct 2019 19:33
Last Modified: 29 Oct 2019 19:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33105

Actions (login required)

View Item View Item