Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP


Handayani, I.M., Matematika Unnes and Pujiastuti, E, Matematika Unnes and Suhito, Matematika Unnes (2014) Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano Jurnal Matematika, 5 (1). pp. 1-9. ISSN 2086-2334

[thumbnail of PDF_Keefektifan_Auditory_Intellectually_Repetition_Berbantuan_LKPD.pdf]
Preview
PDF
Download (421kB) | Preview
[thumbnail of Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP]
Preview
PDF (Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model pembelajaran Audi-tory intellectually Repetition (AIR) berbantuan LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Blado tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dila-kukan pada dua kelas yang memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbe-da. Berdasarkan pemilihan secara acak terpilih dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran AIR dan kelompok kontrol yang diterapkan model pembelajaran STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan mo-del pembelajaran AIR mencapai ketuntasan klasikal, persentase hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan penalaran matematis pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpul-kan bahwa pembelajaran menggunakan model AIR berbantuan LKPD efektif terhadap kemam-puan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repetition; Keefektifan; Kemampuan Penalaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Oct 2019 19:35
Last Modified: 29 Oct 2019 19:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33103

Actions (login required)

View Item View Item