Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Penilaian Dosen Berdasarkan Indeks Kepuasan Mahasiswa Application of K-Means Algorithm for Clustering Lecturer Based On Assessment of Student Satisfaction Index


Aldi Nurzahputra, ILKOM UNNES and Much Aziz Muslim, ILKOM UNNES and Miranita Khusniati, ILKOM UNNES (2017) Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Penilaian Dosen Berdasarkan Indeks Kepuasan Mahasiswa Application of K-Means Algorithm for Clustering Lecturer Based On Assessment of Student Satisfaction Index. Techno.COM, 16 (1). pp. 17-24. ISSN 2356-2579

[thumbnail of Turnitin_Penerapan_Algoritma_K-Means_Untuk_Clustering_Penilaian_Dosen_Berdasarkan_Indeks_Kepuasan_Mahasiswa.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering  Penilaian Dosen Berdasarkan Indeks Kepuasan Mahasiswa Application of K-Means Algorithm for Clustering Lecturer Based On Assessment of Student Satisfaction Index   ]
Preview
PDF (Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Penilaian Dosen Berdasarkan Indeks Kepuasan Mahasiswa Application of K-Means Algorithm for Clustering Lecturer Based On Assessment of Student Satisfaction Index ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam lingkup perguruan tinggi, aktivitas penilaian kinerja juga diterapkan untuk menilai kinerja dosen. Dasar yang digunakan dalam penilaian tersebut menggunakan dasar tri dhrama perguruan tinggi. Dalam penilaian kinerjanya, diperlukan data terkait kepuasan mahasiswa terhadap dosen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kepuasan mahasiswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, FMIPA, UNNES, berjumlah 146 untuk semua dosen di prodi yang berjumlah 12 dosen. Dalam pengambilan data menggunakan kuesioner dari Badan Penjaminan Mutu Unnes. Varibale yang digunakan (1) kehandalan dosen (reliability); (2) sikap tanggap (responsiveness); (3) jaminan (assurance); dan (4) empati (empathy). Data akan diolah dengan melakukan clustering kinerja dosen dalam cluster baik, atau kurang. Metode clustering yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-Means. Cetroid data untuk cluster_baik 17.099 dan cluster_kurang 15.874. Sehingga diperoleh penilaian dosen berdasarkan indeks kepuasan mahasiswa dengan 5 dosen cluster_baik dan 7 dosen_cluster kurang. Hasil yang dari penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dosen dalam mengajar untuk meningkatkan indeks kepuasan mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Clustering, K-Means, Data Mining, Penilaian Dosen
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Oct 2019 14:59
Last Modified: 05 Oct 2019 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33068

Actions (login required)

View Item View Item