Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online


Bambang Eko Susilo, MATEMATIKA UNNES and Ary Woro Kurniasih, - and Aji Purwinarko, ILKOM UNNES and Fianti, FISIKA UNNES (2018) Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online. In: PRISMA 9PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA, SEMARANG.

[thumbnail of Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online]
Preview
PDF (Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online) - Published Version
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online]
Preview
PDF (Analisis Kompetensi Mahasiswa S1 FMIPA Melalui Pengembangan Model Evaluasi Berwawasan Konservasi Inovatif Tes Komprehensif Online) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa S1 FMIPA Universitas Negeri Semarang dalam keluasan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa pada materi substansi dari Program Studi yang bersangkutan melalui hasil tes komprehensif online periode 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik dokumentasi hasil tes komprehensif online, wawancara, observasi, dan angket respon mahasiswa. Kompetensi mahasiswa S1 FMIPA Universitas Negeri Semarang pada periode 2016/2017 dari 8 (delapan) Program Studi dilihat pada rata-rata hasil tes komprehensif mengalami peningkatan, sedangkan 1 (satu) Program Studi mengalami penurunan. Peningkatan kompetensi ini menunjukkan model evaluasi berwawasan konservasi inovatif tes komprehensif online efektif dalam memotivasi mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa yang memenuhi kompetensi pada materi substansi dari Program Studi pada gelombang I sebanyak 14,26%, pada gelombang II sebanyak 57,69%, dan pada gelombang III sebanyak 85,77%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Mahasiswa, Model Evaluasi, Berwawasan Konservasi Inovatif, Tes Komprehensif Online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Sep 2019 13:24
Last Modified: 17 Sep 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32998

Actions (login required)

View Item View Item