MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI


Novita Triwidianingsih , FISIKA UNNES and Dwi Yulianti, FISIKA UNNES and Fianti, FISIKA UNNES (2016) MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI. Unnes Physics Education Journal, 5 (3). pp. 60-65. ISSN 2252-6935

[thumbnail of MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI] PDF (MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI]
Preview
PDF (MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Selama ini siswa masih menganggap fisika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Pandangan ini dapat diubah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa nyaman dalam belajar, salah satunya adalah quantum learning. Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah mendeklarasikan diri sebagai universitas konservasi sejak 12 Maret 2010, sehingga calon pendidik yang diluluskan oleh UNNES juga bertanggung jawab dalam membawa misi konservasi ke dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang disisipi nilai konservasi diharapkan dapat membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik. Pendidikan karakter di era global saat ini menjadi sangat penting karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan bangsa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model quantum learning bermuatan konservasi. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum learning bermuatan konservasi dapat mengembangkan karakter khususnya rasa ingin tahu, jujur, disiplin, dan komunikatif. Selain itu, hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas mengalami peningkatan dengan gain pada kategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: character, conservation, quantum learning, kinetic theory of gas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Sep 2019 13:41
Last Modified: 17 Sep 2019 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32985

Actions (login required)

View Item View Item