PENGEMBANGAN MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PAIKEM MENGGUNAKAN LIMBAH BATIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA


Praninda Sekar Pambayun , BIOLOGI UNNES and Nur Kusuma Dewi, BIOLOGI UNNES (2015) PENGEMBANGAN MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PAIKEM MENGGUNAKAN LIMBAH BATIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA. Unnes Journal of Biology Education, 4 (1). pp. 29-36. ISSN 2502-4523

[thumbnail of  PENGEMBANGAN MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI  PAIKEM  MENGGUNAKAN  LIMBAH  BATIK  SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA]
Preview
PDF ( PENGEMBANGAN MODUL PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI PAIKEM MENGGUNAKAN LIMBAH BATIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA) - Published Version
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of https://lib.unnes.ac.id/32955/4/Review_Metallothionein_Pada_Hati_Ikan_Sebagai_Biomarker.pdf]
Preview
PDF (https://lib.unnes.ac.id/32955/4/Review_Metallothionein_Pada_Hati_Ikan_Sebagai_Biomarker.pdf) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Modul pencemaranlingkungan berorientasi PAIKEM menggunakan limbah batik merupakan bahan ajar yang mengintegrasikan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dalam mengkaji pencemaran limbah batik sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan modul pencemaran lingkungan berorientasi PAIKEM menggunakan limbah batik sebagai sumber belajar dalam pembelajaran biologi di SMA. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa perlu dikembangkan modul yang mengkaji pencemaran limbah batik sebagai sumber belajar biologimateri pencemaran lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian Research and Developmentdengan menggunakan pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1-4 peminatan Matematika Ilmu Alam SMA N 2 Pekalongan, dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X1 (eksperimen) dan siswa kelas X2 (kontrol). Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata selisih nilai posttestpretest kelass eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol Hal tersebut menunjukkan bahwa modul berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran. Aktivitas siswa kelas eksperimen masuk dalam kriteria tinggi dan sangat tinggi (>80%). Siswa dan guru memberikan tanggapan yang baik terhadap modul pencemaran lingkungan berorientasi PAIKEM menggunakan limbah batik. Siswa kreatif mendesain limbah padat batik menjadi karya-karya yang menarik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulan bahwa modul pencemaran lingkungan berorientasi PAIKEM menggunakan limbah batik layak dan efektif digunakan sebagai salah satu sumber belajar materi pencemaran lingkungan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Environmental pollution module;PAIKEM;batiks pollutant
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Sep 2019 13:14
Last Modified: 11 Sep 2019 00:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32956

Actions (login required)

View Item View Item