PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL


Rafika Elma Ranie , 1401414109 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG  KABUPATEN TEGAL ]
Preview
PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL )
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kels V SD Negeri Se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteg Kabupaten Tegal, diperoleh informasi bahwa masih bayak siswa yang memeroleh prestasi belajar yang sesuai harapan. Ada dua faktor yang memengaruhi keberhasilan belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal salah satunya adalah kecerdasan emosional siswa, faktor eksternal salah satunya adalah pemberian tugas. Kecerdasan emosional dan pemberian tugas dapat memmengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah mengetahui pengaruh keceradasan emosional dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V Se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Penulisan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penulisan ini adalah seluruh siswa kelas V di 7 SD Negeri Se-Gugus Sultan Agung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, yaitu sebanyak 209 siswa dengan jumlah sampel penulisan 136 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengujian hipotesis dalam penulisan ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penulisan menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (16,857 ˃ 1,977) dengan persentase sumbangan sebesar 68%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian tugas terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (3,783 ˃ 1,977).dengan persentase sumbangan sebesar 9,7 %; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel(142,597 > 3,064) dengan persentase sumbangan sebesar 68,2 %. Saran penulis hendaknya guru lebih memperhatikan siswa agar dapat mengembangkan kecerdasan emosioanal pada dirinya, dan lebih memberkan variasi dalam pemberian tugas agar siswa dapat lebih memahami pembelajaran dan pendapatkan prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2019 15:53
Last Modified: 16 Dec 2020 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32747

Actions (login required)

View Item View Item