PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) MALAYSIA


Khusnul Chotimah , 1102415021 (2018) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) MALAYSIA. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) MALAYSIA]
Preview
PDF (PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) MALAYSIA) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Menjadi satu-satunya sekolah resmi di Kota Kinabalu, Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia menjadi sekolah yang memayungi 82 Community Learning Center (CLC) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan 43 CLC tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Keterbatasan guru menjadi faktor utama pihak SIKK untuk melakukan revitalisasi sistem pembelajaran supaya menciptakan pembelajaran yang lebih efisien dan fleksibel. Keterbatasan tersebut menghasilkan sistem pembelajaran baru yaitu sistem pembelajaran e-learning. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui proses diterapkannya sistem e-learning di SIKK dan bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran melalui e-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah pelaksanaan evaluasi pembelajaran melalui elearning di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu berhasil menciptakan pembelajaran yang lebih efisien dan fleksibel. Hal tersebut berdasarkan indikator keberhasilan sistem e-learning yang salah satunya adalah e-learning mampu mengatasi keterbatasan waktu dan bersifat fleksibel. Manfaat bagi bidang ilmu dalam penelitian ini adalah sebagai pertimbangan untuk menerapkan sistem e-learning dalam evaluasi pembelajaran supaya lebih tepat guna dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, evaluasi pembelajaran, SIKK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 12:46
Last Modified: 01 Jul 2019 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32744

Actions (login required)

View Item View Item