ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM FLEKSIBEL DI DOES UNIVERSITY DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI HIBURAN


Siti Asiyah , 1102414100 (2018) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM FLEKSIBEL DI DOES UNIVERSITY DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI HIBURAN. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM FLEKSIBEL DI DOES UNIVERSITY DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI HIBURAN]
Preview
PDF (ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM FLEKSIBEL DI DOES UNIVERSITY DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI HIBURAN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan dunia industri yang paling utama adalah kinerja yang memiliki kualitas tinggi dalam bidangnya. Keterampilan dan pemahaman yang dimiliki sangat berpengaruh dalam berkembangnya usaha industri. Kinerja dengan kualitas tinggi harus disiapkan dari pendidikan dengan acuan kurikulum. Kurikulum sekolah yang menerapkan keterampilan menggunakan sistem pembelajaran praktek dan pemberian tugas dengan tujuan peserta didik dapat dibekali keterampilan dan pemahaman sesuai konsentrasinya. Implementasi kurikulum tidak lepas dari pembelajaran, suatu pembelajaran dijalankan untuk mencetak lulusan dengan mutu kinerja tinggi, harus berjalan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik dan lingkungan. Tujuan dari penelitian antara lain: 1) Does University menetapkan struktur kurikulum yang menjadi pendukung pembelajaran untuk menciptakan kinerja dengan kualitas tinggi dalam masa belajar sesuai kontrak yang disepakati. 2) Implementasi kurikulum Does University disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dunia industri hiburan dengan menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Lokasi penelitian adalah di sekolah non formal Does University Ungaran. Sumber data utama diperoleh dari narasumber yaitu tutor di Does University, serta sumber data sekunder peneliti memperoleh dari telaah dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Does University menetapkan struktur kurikulum yang menjadi pendukung pembelajaran untuk menciptakan kinerja dengan kualitas tinggi dalam masa belajar sesuai kontrak yang disepakati. 2) Implementasi kurikulum Does University disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan dunia industri hiburan dengan menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Manfaat penelitian sebagai kajian dalam penerapan kurikulum terutama di pendidikan tinggi, selain itu memberikan masukan positif terhadap pengembangan ilmu pendidikan serta memberikan wawasan terhadap penerapan kurikulum yang disesuaikan dengan minat dan bakat para siswa serta dalam memenuhi kebutuhan industri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kurikulum fleksibel, kebutuhan dunia industri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 12:39
Last Modified: 01 Jul 2019 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item