ANALISIS SUBSTANSI PESAN EDUKATIF FILM “FREEDOM WRITERS” DAN PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA UNTUK PERKULIAHAN MATA KULIAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN


Galih Lazwardi Adi Sancoyo , 1102414097 (2018) ANALISIS SUBSTANSI PESAN EDUKATIF FILM “FREEDOM WRITERS” DAN PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA UNTUK PERKULIAHAN MATA KULIAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of ANALISIS SUBSTANSI PESAN EDUKATIF FILM “FREEDOM WRITERS” DAN PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA UNTUK PERKULIAHAN MATA KULIAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN]
Preview
PDF (ANALISIS SUBSTANSI PESAN EDUKATIF FILM “FREEDOM WRITERS” DAN PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA UNTUK PERKULIAHAN MATA KULIAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Guru memegang peranan yang cukup penting baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran. Oleh karna itu guru dan calon guru harus dibekali kompetensi untuk mengatasi permasalahan di kelas. Salah satu media untuk membekali guru dengan kompetensi tersebut yaitu melalui media film. Salah satu film yang memiliki potensi nilai edukatif bagi guru adalah film “Freedom Writers”. Film “Freedom Writers” menunjukan bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan guru untuk menangani permasalahan rasisme yang dialami oleh murid di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi substansi pesan film pendidikan “Freedom Writers” dan mengetahui proses pengembangan skenario pembelajaran menggunakan film pendidikan “Freedom Writers”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah film “Freedom Writers” dan skenario pembelajaran dengan media film “Freedom Writers”. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis semiotik Roland Barthes. Sedangkan skenario pembelajaran dengan media film “Freedom Writers” dikembangkan dengan model ADDIE. Kesimpulan penelitian ini yaitu substansi pesan edukatif yang terkandung dalam film Freedom Writers adalah nilai anti rasisme dan kekerasan, nilai keadilan, nilai kepedulian, nilai pantang menyerah, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, nilai kerjasama, nilai kejujuran, nilai keikhlasan, nilai ketegasan, nilai kreatifitas, dan kebebasan mengemukakan pendapat. Proses pengembangan skenario pembelajaran menggunakan media film “Freedom Writers” dengan model ADDIE dapat diterapkan dengan lancar dan efektif. Mulai dari kegiatan persiapan, pembukaan perkuliahan, kegiatan inti berupa menonton dan mendiskusikan pesan edukatif adegan film, kegiatan evaluasi dan terakhir kegiatan penutup perkuliahan berjalan sesuai naskah skenario. Berdasarkan hasil evaluasi tes uraian, skenario pembelajaran menggunakan media film “Freedom Writers” dapat menambah kompetensi untuk mahasiswa calon guru. Saran untuk dosen, dapat menggunakan media film “Freedom Writers” untuk mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan. Saran bagi peneliti selanjutnya, agar dapat memilih film dengan tema pendidikan untuk dianalisis menggunakan semiotik Roland Barthes

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Pesan Edukatif, Skenario Pembelajaran, Freedom Writers.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 12:22
Last Modified: 01 Jul 2019 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item