PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS MAJELIS TA’LIM AL HAROKAH KECAMATAN CANDISARI, KOTA SEMARANG


Dewinta Oktaulia Hamzah , 1102414096 (2018) PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS MAJELIS TA’LIM AL HAROKAH KECAMATAN CANDISARI, KOTA SEMARANG. Masters thesis, FIP.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS MAJELIS TA’LIM AL HAROKAH KECAMATAN CANDISARI, KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAGI PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS MAJELIS TA’LIM AL HAROKAH KECAMATAN CANDISARI, KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (16MB) | Preview

Abstract

Pengembangan program pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada penyuluh agama Islam memiliki banyak manfaat khususnya dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Selama ini, minimnya metode dan wawasan menjadi kendala dalam melakukan pembinaan terhadap muallaf. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyuluh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Developmental Research. Model pengembangan yang digunakan adalah jenis ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sedangkan, metode yang digunakan adalah mixed methods dengan model Sequential and Concurrent Combination. Sequential and Concurrent Combination adalah metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dengan kuantitatif secara berurutan dan bersama-sama dimana pada tahap pertama penelitian yaitu menggunakan metode kualitatif, kemudian pada tahap kedua menggunakan metode kuantitatif, dan tahap terakhir menggunakan dua metode yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah library research, observasi, wawancara, dokumentasi, angket, lembar kerja, Pre test dan Post test. Uji keabsahan data menggunakan konsep triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program diklat yang dibuat layak digunakan dan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta, hal ini dibuktikan dengan rata-rata penilaian hasil belajar dari keempat peserta yaitu sebesar 82,71 artinya para peserta telah mencapai kriteria kelulusan. Sedangkan, hasil penilaian rata-rata angket evaluasi oleh ketiga pembicara yaitu sebesar 75,42 ditambahkan dengan hasil penilaian rata-rata angket oleh keempat peserta yaitu sebesar 83,44 artinya program diklat tersebut sangat layak digunakan. Data tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara oleh peserta dan pembicara. Kemudian, keempat peserta dinyatakan telah mencapai kualifikasi kelulusan diklat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 82,71 yang artinya nilai tersebut masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Muallaf, Penyuluh, Diklat, dan Pembinaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 12:15
Last Modified: 01 Jul 2019 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item View Item