ANALISIS KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMK NEGERI DI KABUPATEN KLATEN


Sita Ambarwati , 1102414083 (2018) ANALISIS KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMK NEGERI DI KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, FIP.

[thumbnail of ANALISIS KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMK NEGERI DI KABUPATEN KLATEN]
Preview
PDF (ANALISIS KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN KURIKULUM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMK NEGERI DI KABUPATEN KLATEN) - Published Version
Download (26MB) | Preview

Abstract

Wakil kepala sekolah bagian kurikulum merupakan tugas tambahan yang dilaksanakan oleh guru berdasarkan surat keputusan kepala sekolah. Sebagai bagian penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah wakil kepala sekolah bagian kurikulum (wakasek kurikulum) bertanggung jawab dalam perencanaan kurikulum sekolah, implementasi kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja wakasek kurikulum dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 tingkat SMK Negeri di Kabupaten Klaten. Pertanyaan penelitian terkait dengan pemahaman wakasek kurikulum terhadap kurikulum 2013, tingkat kinerja wakasek kurikulum dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum 2013, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif guna memperoleh hasil yang jelas mengenai kinerja wakasek kurikulum SMK Negeri di Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu SMK N 1 Klaten, SMK N 1 Pedan-Klaten, dan SMK N 1 Juwiring-Klaten. Subjek penelitian antara lain: kepala sekolah, wakasek kurikulum, dan guru. Keabsahan data diperoleh dengan proses triangulasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) wakasek kurikulum SMK Negeri di Kabupaten Klaten sudah memahami konsep dan tujuan kurikulum 2013 sesuai dengan regulasi yang ada, hal ini dapat dibuktikan bahwa wakasek kurikulum ketiga sekolah menjadi instruktur kabupaten dalam kegiatan sosialisasi kurikulum 2013, (2) dalam perencanaan kurikulum wakasek kurikulum mengadakan workshop/IHT sebagai wadah untu mengembangkan kurikulum, mensosialisasikan kurikulum, menyusun program kerja, dan peraturan akademik. Dalam implementasi kurikulum wakasek kurikulum memonitoring pembelajaran melalui supervisi dan melakukan pendampingan terhadap guru. Dalam kegiatan evaluasi, evaluasi hasil belajar, evaluasi pembelajaran dan evaluasi kurikulum dilakukan secara bersama-sama. Berdasarkan hasil verifikasi dokumen kurikulum dan supervisi terhadap kinerja wakasek kurikulum diperoleh nilai di atas 85 dengan kategori baik, (3) kendala yang dihadapi antara lain: minimnya waktu untuk menyelenggarakan workshop/IHT, sulitnya mengubah mindset guru yang terpaku pada kurikulum KTSP, banyaknya administrasi pendidikan yang perlu dipersiapkan dalam kurikulum 2013, dan sistem penilaia autentif yang kompleks.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Wakasek Kurikulum, Implementasi, Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 12:07
Last Modified: 01 Jul 2019 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item View Item