MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI GAMELAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALISEGORO


DIAN ERVIANA , 1102414062 (2018) MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI GAMELAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALISEGORO. Masters thesis, FIP.

[thumbnail of MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI GAMELAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALISEGORO ]
Preview
PDF (MUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI GAMELAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALISEGORO ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan karakter menyangkut ketidakdisiplinan siswa dalam budaya di sekolah seperti bertindak menyepelekan, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, tidak hormat pada saat upacara bendera, serta tidak bergegas pada saat bel jam masuk kelas memperlihatkan kecenderungan karakter siswa yang tidak baik. Dalam menanggulanginya Sekolah Dasar Negeri Kalisegoro berupaya menerapkan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Namun, dalam pelaksanaannya di lapangan PPK masih pada tahap awal merintis. Sekolah dasarnya telah menonjolkan budaya sekolah berbasis kesenian jawa contoh saja pembelajaran seni gamelan. Penerapan budaya kesenian jawa tidak dibarengi dengan peningkatan pengetahuan sekolah akan fungsi dalam pembangunan karakter siswa. Contoh, pada penerapan seni gamelan fokus sekolah hanya berkutat pada peningkata ketrampilan, padahal sejatinya pembelajaran seni gamelan memiliki makna filosofis lain dalam penanaman nilai karakter bagi siswa. Demikian, penelitian untuk mengetahui muatan nilai – nilai pendidikan karakter yang termuat dalam pembelajaran seni gamelan penting dilakukan untuk menjawab tantangan dari permasalahan karakter yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian baru dan belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Penelitian dilakukan melihat dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan evaluasi, dan dianalisis muatan nilai – nilai pendidikan karakter yang terkandung didalamnya, nilai pendidikan karakter yang dimaksud adalah nilai pendidikan karakter dalam program PPK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dan snowball sampling sehingga terdapat informan utama dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima belas muatan nilai – nilai pendidikan karakter yang muncul dalam pembelajaran seni gamelan yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai bersahabat/komunikatif, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, nilai gotong royong. Adapun saran yang diberikan bagi pihak sekolah adalah agar menjadi wadah yang baik untuk pengembangan dan estafet budaya seni gamelan jawa bagi generasi mendatang. Bagi pelatih adalah agar bisa terus mengupayakan pembelajaran yang baik, sehingga muncul bibit-bibit pembelajar yang mampu estafet seni budaya bagi generasi-generasi mendatang. Manfaat penelitian ini adalah sebagai pemahaman baru dalam dunia pendidikan serta dapat dilanjutkan pada penelitian – penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Seni Gamelan, Kegiatan Ekstrakurikuler.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2019 11:51
Last Modified: 01 Jul 2019 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32737

Actions (login required)

View Item View Item