Penerapan Pendekatan CTL dengan Penggunaan Multimedia atau Torso Materi Sistem Gerak di SMP N 18 Tegal


Sekar Endah Utami , 4401406039 (2011) Penerapan Pendekatan CTL dengan Penggunaan Multimedia atau Torso Materi Sistem Gerak di SMP N 18 Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan CTL dengan Penggunaan Multimedia atau Torso Materi Sistem Gerak di SMP N 18 Tegal]
Preview
PDF (Penerapan Pendekatan CTL dengan Penggunaan Multimedia atau Torso Materi Sistem Gerak di SMP N 18 Tegal) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sains menekankan pada pemberian pengalaman langsung atau mengembangkan kompetensi agar siswa mampu memahami alam sekitar secara ilmiah. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan adalah melalui pendekatan CTL, yaitu konsep belajar yang mengaitkan materi dengan situasi kehidupan nyata. Tujuan pembelajaran CTL lebih mudah dicapai dengan adanya media pembelajaran. Hasil observasi di SMP N 18 Tegal diketahui bahwa penggunaan media masih kurang dalam pembelajaran biologi, salah satunya pada penyampaian materi sistem gerak yang masih jarang menggunakan media torso. Pemanfaatan laptop dan LCD proyektor untuk pembelajaran juga masih belum optimal. Oleh karena itu, multimedia dapat menjadi alternatif pilihan media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sistem gerak melalui pendekatan CTL antara pembelajaran menggunakan multimedia dengan pembelajaran menggunakan torso di SMP N 18 Tegal. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP N 18 Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan randomized pretest-posttest comparison group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran CTL menggunakan multimedia, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran CTL menggunakan media torso. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 1 sebesar 73,25 sedangkan kelompok eksperimen 2 sebesar 69,17. Hasil uji t untuk selisih rata-rata pre-post antara kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2 menunjukan thitung 5,294 > ttabel 1,66 untuk dk 78 dan taraf signifikan 5%, maka ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2, yaitu kelompok eksperimen 1 lebih tinggi dari kelompok eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar sistem gerak melalui pendekatan CTL antara pembelajaran menggunakan multimedia dengan pembelajaran menggunakan torso di SMP N 18 Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, multimedia, torso, sistem gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Aug 2011 02:10
Last Modified: 25 Apr 2015 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item