PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI MELAKUKAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU IPA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Esti Tri Lestari , 1102414061 (2018) PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI MELAKUKAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU IPA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI MELAKUKAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU IPA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI MELAKUKAN INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN GURU IPA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rasa keingintahuan peneliti terhadap pengetahuan yang dimiliki guru tentang media pembelajaran. Hal ini bermula saat peneliti melaksanakan wawancara untuk tugas mata kuliah di salah satu SMP Negeri di wilayah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Dalam wawancara yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan yang mengindikasikan kurangnya pengetahuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran sehingga guru menampilkan media pembelajaran yang diperoleh dari internet tanpa diolah kembali. Hal itu memberikan pertanyaan baru bagi peneliti, apakah dengan media pembelajaran yang digunakan, guru memperhatikan kebutuhan dan karakteristik belajar siswa untuk menampilkan sebuah media pembelajaran?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan guru tentang media pembelajaran dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sampel yang digunakan adalah 12 guru IPA. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan nonparamterik. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji korelasi Spearman Rank variabel pengetahuan dengan kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran sebesar = 3,597 dan = 2,228, karena > maka ditolak, artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengetahuan terhadap kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran. Sedangkan variabel pengalaman mengajar terhadap kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran diperoleh = 4,597 dan = 2,228, karena > maka ditolak, artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar terhadap kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran. Sedangkan variabel pengetahuan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran sebesar = 29,38 dan = 19,675, karena > maka ditolak, artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pengetahuan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi melakukan inovasi media pembelajaran. Maka dari itu, diharapkan guru lebih memperhatikan kriteria pemilihan media pembelajaran yang sesuai dan berusaha mengembangkan media pembelajaran sendiri secara keseluruhan. Kemudian hendaknya sekolah juga memberikan pelatihan tentang media pembelajaran bagi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Pengalaman Mengajar; Guru; Media Pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2019 15:02
Last Modified: 29 May 2019 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32646

Actions (login required)

View Item View Item