RELEVANSI KONTEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK N 11 SEMARANG DENGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI)


Jayanti Indah Lestari , 1102414059 (2018) RELEVANSI KONTEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK N 11 SEMARANG DENGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI). Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of RELEVANSI KONTEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK N 11 SEMARANG DENGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI)]
Preview
PDF (RELEVANSI KONTEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK N 11 SEMARANG DENGAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI)) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan SMK didasarkan pada kurikulum yang membekali lulusannya dengan keterampilan tertentu untuk mengisi lapangan pekerjaan.Untuk menghasilkan lulusan yang produktif, siap bekerja dan profesional di bidangnya, kurikulum SMK mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) yang dibuat oleh kementerian perindustrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat relevansi konten kurikulum mata pelajaran produktif desain media interaktif kompetensi keahlian multimedia SMK 11 Semarang dengan SKKNI dan kebutuhan industri. Penelitian ini fokus pada konten mata pelajaran desain media interaktif yang di dalamnya ada 8 unit kompetensi, meliputi : (1) merencanakan desain dan mengembangkan interface, (2) membuat interface, (3) mengevaluasi interface, (4) merencanakan dan mengembangkan navigasi, (5) mengkonstruksi navigasi, (6) mengevaluasi navigasi, (7) memeriksa informasi untuk relevansi currency, links dan navigasi dalam web, (8) mengedit informasi web sesuai kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 35 siswa kompetensi keahlian muultimedia yang ditentukan melalui teknik sampel acak dan 4 perusahaan yang bergerak di bidang multimedia yang ditentukan melalui teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk siswa dan perusahaan (DU/DI). Metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat relevansi konten kurikulum mata pelajaran produktif multimedia SMK N 11 Semarang dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) secara keseluruhan mencapai 84%. Ditinjau dari setiap unit kompetensi yang ada dalam standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) adalah sebagai berikut: 1) merencanakan desain dan mengembangkan interface 97%, (2) membuat interface 89%, (3) mengevaluasi interface 91%, (4) merencanakan dan mengembangkan navigasi 89%, (5) mengkonstruksi navigasi 91%, (6) mengevaluasi navigasi 83%, (7) memeriksan informasi untuk relevansi currency, links dan navigasi dalam web 66%, (8) mengedit informasi web sesuai kebutuhan 66%. Adapun saran yang diberikan yaitu adanya evaluasi kurikulum bersama dunia industri secara rutin, serta perhatian lebih terhadap beberapa kriteria unjuk kerja yang masih kurang dikuasai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mata pelajaran produktif, multimedia, media interaktif, relevansi, SKKNI, SMK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2019 14:54
Last Modified: 29 May 2019 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32644

Actions (login required)

View Item View Item