IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI NATIONAL TAINAN CHIA-CHI SENIOR HIGH SCHOOL TAIWAN
Raisa Ruchama Silmi Chamidi , 1102414033 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI NATIONAL TAINAN CHIA-CHI SENIOR HIGH SCHOOL TAIWAN. Under Graduates thesis, FIP.
Preview |
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI NATIONAL TAINAN CHIA-CHI SENIOR HIGH SCHOOL TAIWAN)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter di sekolah merupakan suatu upaya yang dapat direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik agar menjadi manusia yang berbudi luhur dan berperilaku baik. Demikian juga adanya pendidikan karakter di sekolah National Tainan Chia-Chi Senior High School Taiwan (CCSH). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan apa saja faktor pendukung maupun faktor penghambatnya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan mempergunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa, (1)perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter di National Tainan ChiaChi Senior High School Taiwan dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu, kegiatan pembelajaran dimana guru mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajarannya, dan kegiatan di luar pembelajaran dimana guru penanaman pendidikan karakter dalam kegiatan budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler; (2)nilai-nilai karakter yang dikembangkan di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran adalah nilai trustwoethiness (rasa percaya diri), respect (rasa hormat), responsibility (rasa tanggung jawab), caring (rasa kepedulian), citizenship (rasa kebangsaan), dan nilai fairness (rasa keadilan), dengan mengadopsi nilai-nilai yang dikembangkan oleh Westwood Elementary Amerika; (3)proses evaluasi karakter dilakukan oleh guru dengan inklusif dalam penilaian harian, catatan pembinaan peserta didik, dan buku tata tertib; (4)faktor pendukung implementasi pendidikan karakter meliputi situasi sekolah yang kondusif, kegiatan yang sudah terprogram, sarana prasarana mendukung, SDM, kepemimpinan, dan keteladan guru yang baik; sedangkan (5)faktor penghambat meliputi kurangnya komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua, kesadaran peserta didik yang masih kurang, dan pemahaman warga sekolah yang berbeda tentang pendidikan karakter; dan upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatannya adalah dengan membangun komunikasi lebih intensif dengan orang tua peserta didik terkait perkembangan peserta didik. Penelitian ini bermanfaat untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan, khususnya terkait dengan implementasi pendidikan karakter di lingkungan pendidikan sekolah di Taiwan. Hasil penelitian ini diharapkan juga memberikan manfaat bagi upaya-upaya pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan dalam kaitannnya dengan pendidikan karakter peserta didik di Indonesia
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, implementasi, CCSH Taiwan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 May 2019 14:37 |
Last Modified: | 29 May 2019 14:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32641 |
Actions (login required)
View Item |