PEMBELAJARAN LIFE SKILL DENGAN METODE BELAJAR BERSAMA ALAM (BBA) DI SD ALAM HARAPAN KITA KLATEN


Desy Arischa Anggraini , 1102414028 (2018) PEMBELAJARAN LIFE SKILL DENGAN METODE BELAJAR BERSAMA ALAM (BBA) DI SD ALAM HARAPAN KITA KLATEN. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LIFE SKILL DENGAN METODE BELAJAR BERSAMA ALAM (BBA) DI SD ALAM HARAPAN KITA KLATEN]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LIFE SKILL DENGAN METODE BELAJAR BERSAMA ALAM (BBA) DI SD ALAM HARAPAN KITA KLATEN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran life skill di SD Alam Harapan Kita Klaten merupakan salah satu bentuk pengembangan nilai life skill dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA) yang didasarkan pada pandangan bahwa pelaksanaan pembelajaran life skill di sekolah alam akan lebih berdampak terhadap perilaku peserta didik, penerapan nilai-nilai akhlak, kesadaran peserta didik dan kesiapan peserta didik untuk masa yang akan datang. Dengan adanya pembelajaran life skill dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA) diharapkan sekolah mampu mengoptimalkan perannya yang sangat bermanfaat untuk membentuk perilaku peserta didik agar tumbuh menjadi manusia yang berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan, berkarakter, serta siap menjadi pemimpin di muka bumi (khalifah fil ardh). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) konsep pembelajaran life skill dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA); 2) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran; 3) faktor penghambat dan faktor pendorong pembelajaran life skill dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA) di SD Alam Harapan Kita Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, peserta didik serta orang tua peserta didik. Teknik analisis data data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) konsep pembelajaran life skill dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA) menjadikan alam sebagai alat laboratorium belajar; 2) pembelajaran life skill dengan metode Belajar Bersama Alam (BBA) yang menggunakan kurikulum khas sekolah alam dengan menggunakan perangkat pembeljaran spider web dan weekly plan; 3) faktor penghambat dan faktor pendorong terletak pada keteladanan guru, karakter peserta didik, dan peran orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Life Skill, Belajar Bersama Alam (BBA), Sekolah Alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2019 14:13
Last Modified: 29 May 2019 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32640

Actions (login required)

View Item View Item