IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ, SAINS DAN BAHASA DI SD DAARUL QUR’AN SEMARANG


Ana Marliana , 1102414027 (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ, SAINS DAN BAHASA DI SD DAARUL QUR’AN SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ, SAINS DAN BAHASA DI SD DAARUL QUR’AN SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ, SAINS DAN BAHASA DI SD DAARUL QUR’AN SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Indonesia telah mengalami perubahan kurikulum dari masa ke masa. Berdasarkan pada Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014, kurikulum yang saat ini berlaku di Indonesia adalah kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Sekolah Dasar Daarul Qur’an Semarang merupakan salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Semarang yang memiliki program unggulan yang membedakan dengan sekolah lainnya. Program unggulan yang dimiliki SD Daarul Qur’an Semarang meliputi program unggulan tahfidz, program unggulan sains dan program unggulan bahasa. Kurikulum yang diterapkan di SD Daarul Qur’an Semarang yakni untuk kelas 3 dan 6 menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta kelas 1,2,4 dan 5 menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Fokus dalam penelitian ini, yakni (1) petunjuk pelaksanaan implementasi kurikulum di SD Daarul Qur’an Semarang, (2) implementasi kurikulum pada program unggulan tahfidz, sains dan bahasa yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, serta (3) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum pada program unggulan tahfidz, sains dan bahasa di SD Daarul Qur’an Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator program unggulan serta guru pengampu program unggulan dan responden dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi SD Daarul Qur’an Semarang. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) petunjuk pelaksanaan implementasi kurikulum di SD Daarul Qur’an Semarang tertulis dalam Buku Kurikulum SD Daarul Qur’an Semarang dijadikan pedoman oleh seluruh warga sekolah, (2) proses perencanaan program unggulan tahfidz sains dan bahasa didasarkan pada visi dan misi yang dimiliki oleh SD Daarul Qur’an Semarang, dalam pelaksanaannya didukung oleh kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler serta pembiasaan Daqu Methode yang hanya ada di SD Daarul Qur’an Semarang, pelaksanaan evaluasi program unggulan yakni setiap koordinator program unggulan bertanggung jawab melaksanakan evaluasi secara berkala guna mengetahui pelaksanaan program unggulan di lapangan (3) setiap program unggulan masing-masing memiliki faktor penghambat dan faktor pendukung yang beragam. Saran yang diajukan untuk penelitian ini yakni pihak sekolah hendaknya meningkatkan pengadaan peralatan di lab sains dan bahasa, media pembelajaran, pelatihan keterampilan bahasa inggris serta pembuatan media pembelajaran bagi guru serta peningkatan peran orangtua dalam mendampingi siswa belajar di lingkungan keluarga

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa, implementasi, kurikulum, program unggulan, sains, tahfidz.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2019 13:58
Last Modified: 29 May 2019 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32639

Actions (login required)

View Item View Item