MANAJEMEN PROJECT BASED LEARNING DI SD BUKIT AKSARA TEMBALANG SEMARANG


Erlita Septiani , 1102414026 (2018) MANAJEMEN PROJECT BASED LEARNING DI SD BUKIT AKSARA TEMBALANG SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of MANAJEMEN PROJECT BASED LEARNING DI SD BUKIT AKSARA TEMBALANG SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN PROJECT BASED LEARNING DI SD BUKIT AKSARA TEMBALANG SEMARANG) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya sekolah-sekolah swasta yang memiliki inovasi-inovasi pendidikan untuk menghadapi kebutuhan pendidikan masa kini dan menyongsong pendidikan masa depan. Project Based Learning digunakan oleh SD Bukit Aksara untuk menjawab tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen project based learning di SD Bukit Aksara Tembalang Semarang. Manajemen project based learning difokuskan pada aspek-aspek manajemen meliputi perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengawasan yang menjelaskan peran masing-masing stake holder dan mengetahui kendala serta solusi atas manajemen project based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa project based learning utamanya diterapkan pada tiap mata pelajaran tematik kelas satu dan sebagai selingan untuk mata pelajaran lain di tingkatan atas. Project Based Learning direncanakan oleh guru berdasarkan analisis silabus dari pemerintah, diorganisasikan oleh yayasan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan orangtua siswa sesuai peran masing-masing, di gerakkan oleh guru yang telah ditingkatkan kompetensinya melalui seminar, pelatihan, workshop, dan diskusi bersama para pimpinan seperti ketua yayasan dan kepala sekolah beserta guruguru lainnya. Dalam manajemen project based learning peran kepala sekolah ialah mendampingi para guru, guru merupakan ujung tombak dalam melaksanakan pembelajaran dengan project based learning sebagai fasilitator untuk melaksanakan pembelajaran dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa, tenaga kependidikan berperan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran project based learning, orangtua siswa berperan melanjutkan pendidikan yang telah berlangsung disekolah untuk diterapkan dirumah, pengawasan dilakukan oleh lembaga penjamin mutu pendidikan dan para petinggi SD Bukit Aksara seperti kepala sekolah dan ketua yayasan Sanggar Aksara. Saran peneliti untuk SD Bukit Aksara adalah mengupayakan penerapan project based learning diterapkan pada semua tingkatan kelas yang ditunjang dengan perbaikan kompetensi masingmasing stake holder sehingga project based learning bisa dijadikan ciri khas dari SD Bukit Aksara yang mampu mengasilkan siswa-siswi unggul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Project Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2019 13:59
Last Modified: 09 May 2019 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32566

Actions (login required)

View Item View Item