INOVASI KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ALAM (Studi Kasus Kurikulum Sekolah Dasar Alam Ungaran, Kabupaten Semarang)


Ade Irmasari , 1102414023 (2018) INOVASI KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ALAM (Studi Kasus Kurikulum Sekolah Dasar Alam Ungaran, Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of INOVASI KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ALAM (Studi Kasus Kurikulum Sekolah Dasar Alam Ungaran, Kabupaten Semarang)]
Preview
PDF (INOVASI KURIKULUM SEKOLAH DASAR BERBASIS ALAM (Studi Kasus Kurikulum Sekolah Dasar Alam Ungaran, Kabupaten Semarang)) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Sekolah Alam merupkan suatu lembaga pendidikan formal berbasis alam dengan lingkungan sebagai sumber belajar utama. Sekolah alam muncul sebagai bentuk inovasi dalam dunia pendidikan, yang mengembangkan kurikulum nasional melalui ide serta gagasan pendidikan yang mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin pesat. Sekolah Dasar Alam Ungaran merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang melakukan suatu inovasi dengan mengembangkan kurikulum nasional sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan proses inovasi kurikulum yang diterapkan di Sekolah Dasar Alam Ungaran, kendala dalam pelaksanaan inovasi kurikulum serta solusi dalam mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus guna menelaah sebuah proses dan memperoleh pengetahuan yang mendalam pada inovsi kurikulum yang diterapkan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitiannya yaitu Direktur Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Guru, dan Wali murid. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa jenis inovasi kurikulum yang diterapkan di Sekolah Dasar Alam Ungaran mencakup kegiatan unggulan penunjang pengalaman belajar siswa yang terdiri dari kelas tahsin dan tahfidz, cooking class, gardening class, swimming, outing class, market day, out tracking fun adventure, dan ekstrakurikuler. Kendala yang dihadapi mencakup kompetensi guru yang rendah, perbedaan persepsi dengan wali murid dalam konsep pendidikan Sekolah Alam, dan kondisi alam yang tidak dapat diprediksi. Adapun solusi dalam mengatasi kendala ini yaitu memberikan pelatihan bagi guru, mengadakan pertemuan rutin dengan wali murid sebagai bentuk komunikasi yang baik serta membuat beberapa rencana pembelajaran dalam satu tema.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inovasi kurikulum, Sekolah Alam.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2019 13:24
Last Modified: 09 May 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32565

Actions (login required)

View Item View Item