EFEKTIVITAS MODEL E-TRAINING DIKLAT DASAR PENDIDIK PAUD PUSAT PENGEMBANGAN PAUD DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TENGAH


Dian Bela Fitri Utami , 1102414018 (2018) EFEKTIVITAS MODEL E-TRAINING DIKLAT DASAR PENDIDIK PAUD PUSAT PENGEMBANGAN PAUD DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL E-TRAINING DIKLAT DASAR PENDIDIK PAUD PUSAT PENGEMBANGAN PAUD DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TENGAH]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL E-TRAINING DIKLAT DASAR PENDIDIK PAUD PUSAT PENGEMBANGAN PAUD DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT JAWA TENGAH) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelatihan menggunakan model e-training didesain untuk menyetarakan kompetensi pendidik PAUD yang beragam dan keterbatasan akses untuk mengikuti pelatihan, baik dari segi waktu, biaya, dan secara geografis karena pelatihan dilaksanakan secara online (daring) sebagai bentuk pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang. Dalam pelaksanaan diklat, dihadapi dengan karakteristik pendidik PAUD yang berbeda, seperti perbedaan golongan usia dan persepsi awal pada saat mengikuti diklat dengan model e-training. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model e-training PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah, untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pelatihan berbasis e-learning pada diklat tingkat dasar pendidik PAUD menggunakan model e-training di PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah., serta respon para pendidik PAUD yang ikut sebagai peserta diklat dengan model e-training. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah pre eksperimental dengan sampel penelitian yaitu pendidik PAUD diklat dasar area Kabupaten Semarang berjumlah 40 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model e-training PP PAUD dan Dikmas pada diklat dasar pendidik dan tenaga kependidikan PAUD adalah efektif. Hal ini ditunjukan oleh hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji Z. Hasil uji Z menunjukan hasil rata-rata skor tes komprehensif peserta diklat adalah P (0.004) < ∝ (0.01) atau Zhitung (3,052) ≥ Ztabel (2,635) sehingga Ho berbunyi “Model etraining tidak efektif digunakan dalam diklat dasar pendidik PAUD” ditolak, dan Ha “Model e-training efektif digunakan dalam diklat dasar pendidik PAUD dengan hasil nilai rerata lebih dari 75 (KKM)” diterima. Maka efektivitas penggunaan etraining dilihat dari rata-rata skor hasil tes komprehensif yang berjumlah 50 soal yang mencapai rata-rata 42,48 dan uji standar kriteria minimal ≥ 75 mencapai ratarata nilai akhir 85,05, maka model e-training PP PAUD Dikmas dikatakan efektif. Respon peserta diklat pada diklat menggunakan model e-traning yaitu baik dengan presentase 82,72%. Penelitian ini memberikan manfaat akan peranan teknologi elektronik sebagai media pembelajaran dan pelatihan secara online untuk peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diklat dasar, efektivitas; e-training, pendidik PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2019 13:19
Last Modified: 09 May 2019 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32564

Actions (login required)

View Item View Item