PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FISIKA MODEL DDD-E BERBASIS EXPLAINER VIDEO DI SMP NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA


Indri Nur Kholifah , 1102414003 (2018) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FISIKA MODEL DDD-E BERBASIS EXPLAINER VIDEO DI SMP NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FISIKA MODEL DDD-E BERBASIS EXPLAINER VIDEO DI SMP NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FISIKA MODEL DDD-E BERBASIS EXPLAINER VIDEO DI SMP NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Wanadadi menunjukkan adanya kendala pada pembelajaran IPA Fisika kelas VIII yang disampaikan oleh guru mata pelajaran, diantaranya: guru di dalam kelas menerangkan materi berpatokan pada buku paket, hal ini juga didukung dengan guru kesulitan dalam memberikan contoh-contoh dan membuat alat peraga atau media pembelajaran sehingga kesulitan dalam memberikan contoh visual kepada siswa. Siswa merasa jenuh, tidak suka terhadap IPA Fisika dan menganggap bahwa IPA Fisika itu pelajaran yang susah. Salah satu upaya untuk menatasi kendala tersebut adalah mengembangkan sebuah desain pembelajaran berbasis explainer video pada mata pelajaran IPA Fisika. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis Explainer Video dengan menggunakan model DDD-E pada mata pelajaran Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development model DDD-E. Adapun populasi penelitian adalah kelas VIII, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dkembangkan telah memenuhi layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran desain multimedia interaktif berbasis explaner video. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi dan tampilan media oleh ahli materi sebesar 93,75% dinyatakan sangat baik. Aspek media dan kriteria oleh ahli media sebesar 87,05% dinyatakan baik dan hasil produk dan keefektifan bagi siswa sebesar 95,05% dinyatakan sangat baik. Hasil perhitungan terhadap uji rerata pre test dan post test didapatkan hasil t hitung= 5,7752 dimana hasil tersebut lebih besar daripada t tabel = 2,462. Dengan demikian maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rerata pre test dan post test dan media pembelajaran Explainer Video dinyatakan efektif. Hasil belajar didapatkan bahwa hasil rata-rata post test lebih baik daripada rata-rata pre test dengan rata-rata pre test sebesar 51,2 sedangkan hasil rata-rata post test sebesar 78,79. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu desain pembelajaran explainer video terbukti efektif dilihat dari segi prestasi belajar siswa yang menggunakan desain pembelajaran berbasis explainer video >75 dan ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan desain pembelajaran berbasis explainer video. Saran yang disampaikan berdasarkan penelitian ini (1) perlunya pengembangan desain pembelajaran berbasis Explainer Video sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa, (2) guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembeljaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi pelajaran yang sedang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Mata Pelajaran Fisika, Efektifitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2019 13:08
Last Modified: 09 May 2019 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32562

Actions (login required)

View Item View Item