PEMISAHAN ROMBONGAN BELAJAR BERBASIS GENDER: STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR KELAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI MADRASAH ALIYAH YAJRI PAYAMAN MAGELANG


Muhammad Toriq , 1102413118 (2018) PEMISAHAN ROMBONGAN BELAJAR BERBASIS GENDER: STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR KELAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI MADRASAH ALIYAH YAJRI PAYAMAN MAGELANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PEMISAHAN ROMBONGAN BELAJAR BERBASIS GENDER: STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR KELAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI MADRASAH ALIYAH YAJRI PAYAMAN MAGELANG]
Preview
PDF (PEMISAHAN ROMBONGAN BELAJAR BERBASIS GENDER: STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR KELAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI MADRASAH ALIYAH YAJRI PAYAMAN MAGELANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sekolah pesantren yang memiliki kebijakan pemisahan rombongan belajar berbasis gender, memisahkan kelas siswa dengan kelas siswi. MA Yajri Payaman Magelang menerapkan program ini dengan tujuan agar mempertajam konsentrasi dan fokus belajar siswa dan siswi sehingga berdampak kepada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum yang digunakan, dampak dari pelaksanaan pemisahan kelas, dan perbandingan hasil belajar antara siswa dengan siswi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum yang diterapkan di MA Yajri Payaman Magelang adalah kurikulum kemendikbud, kemenag, serta kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah. Diawali dengan proses perencanaan yang disusun oleh tim pengembang dan guru-guru madrasah, Program pemisahan rombongan belajar berbasis gender dalam pembagian sarana dan prasarana laboratoriom dan lapangan olahraga untuk kedua kelas tidak dibedakan, namun digunakan secara bergantian. Kegiatan Ekstrakurikuler madrasah untuk olahraga lebih banyak disediakan untuk laki-laki daripada perempuan. Semangat siswa lebih daripada siswi dalam ranah ekstrakurikuler manapun. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler dibuat sama. Saat jam pembelajaran sikap laki-laki lebih percaya diri, tidak ragu-ragu dalam melanggar beberapa peraturan. Perbandingan hasil belajar ranah kognitif menunjukkan rata-rata nilai rapot laki-laki di bawah nilai perempuan baik di mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kelas laki-laki mempunyai nilai rata-rata Bahasa Indonesia 75.41 dan 82.31 untuk SKI, kelas perempuan nilai rata-rata Bahasa Indonesia 81.26 dan 88.09 untuk SKI. Untuk ranah afektif menunjukkan bahwa tidak ditemukan perbedaan yang mencolok, akan tetapi ranah afektif dalam aspek responding, siswi memiliki hasil yang lebih baik daripada siswa. Dalam kasus peserta didik tidur di kelas siswi memiliki nilai yang lebih dalam bertanggung jawab daripada siswa. Untuk ranah psikomotorik terdapat rentan perbedaan antara siswa dengan siswi, siswa lebih berperan aktif saat kegiatan praktikum yang melibatkan bermacam-macam gerak psikomotor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparatif, Gender, MA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2019 14:17
Last Modified: 08 May 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item View Item