Evaluasi Pelaksanaan Kursus Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) Kabupaten Pati tahun 2017 bagi Calon Mahasiswa Non Keolahragaan dan Non Keterampilan


Rian Rifqi Ariyanto , 1102413117 (2018) Evaluasi Pelaksanaan Kursus Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) Kabupaten Pati tahun 2017 bagi Calon Mahasiswa Non Keolahragaan dan Non Keterampilan. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of Evaluasi Pelaksanaan Kursus Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) Kabupaten Pati tahun 2017 bagi Calon Mahasiswa Non Keolahragaan dan Non Keterampilan]
Preview
PDF (Evaluasi Pelaksanaan Kursus Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) Kabupaten Pati tahun 2017 bagi Calon Mahasiswa Non Keolahragaan dan Non Keterampilan) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

BPUN Pati adalah program kursus bimbingan belajar yang membantu siswa-siswi untuk bisa masuk di PTN yang diimpikan. Pada tahun 2017 BPUN Pati tidak mencapai target kelulusan peserta, yaitu 75% dari jumlah peserta. Selain itu, sejak pertama kali pelaksanaannya BPUN Pati belum pernah dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan BPUN Pati tahun 2017, mengevaluasi pelaksanaan BPUN Pati dilihat dari aspek konteks, masukan, proses, dan produk, serta mengetahui kendala dan solusi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model CIPP (context, input, process, and product). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan BPUN Pati tahun 2017 meliputi sosialisasi, pembentukan kepanitiaan, pengrekrutan tentor, seleksi peserta, pembelajaran, dan evaluasi. Hasil evaluasi menggunkan model CIPP secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik dan sesuai dengan SOP BPUN. Kendala dalam pelaksanaan BPUN Pati tahun 2017 pada intinya yaitu 1) keterbatasan sumber daya manusia untuk sosialisasi ke sekolah; 2) panitia kurang berpengalaman dalam mengelola dan melaksanaan kursus seperti ini; 3) peserta dari SMK tidak bisa mengikut pembelajaran materi tertentu dikarenakan belum mendapatkan materinya di sekolah; 4) waktu pertemuan pembelajaran di kelas kurang;. Adapun solusi yang digunakan yaitu : 1) memaksimalkan para alumni yang masih libur; 2) panitia banyak konsultasi dan sharing-sharing dengan panitia sebelumnya; 3) tentor menjelaskan lebih detail terkait materi yang peserta belum memehaminya; dan 4) membuat group Whatsapp untuk diskusi soal. Saran bagi BPUN Pati yaitu untuk mengembangkan kurikulum nasional (BPUN pusat), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaksana BPUN Pati, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, dan membuat acuan seleksi peserta. Bagi masyarakat untuk memilih kursus harus melihat secara keseluruhan dari berbagai sumber, dan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti atau mengkaji Kursus BPUN Pati ini dari aspek lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, BPUN Pati, CIPP.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2019 13:42
Last Modified: 08 May 2019 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32560

Actions (login required)

View Item View Item