Peran Guru dalam Sosialisasi Kesetaraan Gender Pada Siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang


Doddy Kholistan Arsyadani , 3501405524 (2011) Peran Guru dalam Sosialisasi Kesetaraan Gender Pada Siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peran Guru dalam Sosialisasi Kesetaraan Gender Pada Siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang]
Preview
PDF (Peran Guru dalam Sosialisasi Kesetaraan Gender Pada Siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi tuntutan situasi perkembangan zaman dan pembangunan nasional, sistem pendidikan nasional harus dapat dilaksanakan secara tepat guna dalam berbagai aspek, dimensi, jenjang, dan tingkat pendidikan. Guru berperan sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pendidikan mampu memberikan kemudahan kepada anak didiknya untuk mempelajari berbagai hal dengan menggunakan sumber belajar yang efektif dan efisien, terutama yang ada di lingkungan sekitar, sehingga diharapkan akan tumbuh minat yang tinggi pada siswa. Pada anak usia SD memiliki stereotype gender yang sangat kuat akibat sosialisasi pelabelan gender yang membedakan antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki dilabelkan sebagai sosok yang sangat kuat, sehingga apabila ada anak laki-laki yang menangis pasti diejek oleh teman-teman sebagai anak cengeng, sebaliknya perempuan adalah orang yang lemah lembut sehingga apabila ada anak perempuan yang bertengkar pasti dipanggil dengan sebutan anak tomboy. Pada anak usia tersebut perlu mendapatkan sosialisasi tentang gender, sehingga guru harus mensosialisasikan tentang kesetaraan gender agar siswa tidak mengalami bias gender. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam sosialisasi kesetaraan gender pada siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang, metode pembelajaran seperti apa yang diterapkan guru dalam mensosialisasikan kesetaraan gender pada siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang, dan bagaimana keadaan siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 setelah mendapatkan sosialisasi kesetaraan gender dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Untuk keperluan pengumpulan data dipilih subjek penelitian terdiri dari 10 guru SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang, yaitu 6 guru kelas terdiri dari 3 guru perempuan dan 3 guru laki-laki, 1 guru penjaskes yang berjenis kelamin perempuan, 2 guru agama islam yang terdiri dari 1 guru laki-laki dan 1 guru perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini tidak menggunakan analisis statistik atau tidak berkaitan dengan data kuantitatif, melainkan prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif yaitu kata tertulis, tulisan dari orang lain, atau perilaku yang dapat diamati yang bertujuan untuk menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan kaidah atau status fenomena. Sosialisasi gender yang dilakukan guru SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang memberikan hasil yang positif karena dengan adanya sosilisasi kesetaraan gender, siswa lebih mengerti apa yang dimaksud dengan gender dan kesetaraan gender. Jadi siswa tidak lagi salah mengerti tentang adanya gender. Kedua, guru tidak hanya memberikan teori tentang kesetaraan gender saja tetapi juga mengajarkan kepada siswa untuk mengaplikasikan teori tersebut ke dalam kehidupan nyata karena dengan pengaplikasian teori maka kepribadian siswa dapat terbentuk dengan baik sesuai dengan tujuan awal diberikannya materi tentang gender. Ketiga, dengan adanya sosialisasi kesetaraan gender maka tidak lagi terjadi bias gender pada siswa SD Negeri Tirtoyoso 1 Semarang. Bagi guru diharapkan lebih mengoptimalkan lagi usaha untuk mensosialisasikan kesetaraan gender pada siswa agar tidak terjadi bias gender. Bagi para peneliti diharapkan untuk mengkaji lebih mendalam lagi tentang sosialisasi kesetaraan gender yang ada di lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Sosialisasi, Kesetaraan Gender.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2011 03:06
Last Modified: 25 Apr 2015 05:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item