STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) LPTK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizky Dhito Hutomo , 1102413104 (2018) STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) LPTK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) LPTK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (STUDI IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) LPTK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program Pendidikan Profesi Guru yang bertujuan untuk menciptakan guru yang profesional. Salah satu LPTK yang menyelenggarakan program PPG adalah Universitas Semarang. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang implementasi kurikulum program Pendidikan Profesi Guru untuk program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Semarang, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penyesuaian kurikulum program Pendidikan Profesi Guru dilaksanakan setiap tahun ajaran baru yang bersumber dari hasil evaluasi tahun sebelumnya. Pengorganisasian kurikulum yang diselenggarakan merupakan kurikulum yang sudah disusun oleh Pusat, kemudian Unnes mengaplikasikannya sesuai dengan Buku Pedoman Penyelenggaraan PPG 2017. Pelaksanaan kurikulum mengacu pada kurikulum yang sudah ditentukan oleh Pusat yang mencakup sistem pembelajaran dan penilaian. Struktur kurikulum mencakup workshop pengembangan perangkat pembelajaran Sekolah Dasar disertai implementasi pembelajaran dalam bentuk peer teaching yang dilanjutkan dengan praktik pengalaman lapangan. Penilaian/evaluasi dilakukan oleh LPTK dan Pusat. Sampai saat ini, penilaian sampai pada tahap penilaian proses dan produk pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh LPTK. Dalam proses implementasi kurikulum, dijumpai kendala berupa fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut yaitu LPTK melakukan penambahan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2019 13:34
Last Modified: 08 May 2019 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32559

Actions (login required)

View Item View Item