PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA SISWA PRAKERIN SMKN 4 SEMARANG


A. NIAM IBNA RIZA , 1102413093 (2018) PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA SISWA PRAKERIN SMKN 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA SISWA PRAKERIN SMKN 4 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA SISWA PRAKERIN SMKN 4 SEMARANG) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya jam pembelajaran efektif setelah selesainya kegiatan prakerin di tempat praktik yang diikuti oleh Siswa SMKN 4 Semarang. Waktu yang hanya tersisa 1,5 bulan tersebut, tidak efektif untuk menyelesaikan seluruh materi yang ada dalam satu semester. Peneliti terdorong untuk mengembangkan media berbasis online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning serta mengetahui keefektifan e-learning terhadap pembelajaran pada saat siswa melaksanakan kegiatan Prakerin. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang telah disederhanakan langkah-langkahnya yaitu : (1) studi pendahuluan, (2) perancangan produk, (3) validasi produk, (4) revisi produk, (5) uji coba produk, (6) produk akhir. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia 2 SMKN 4 Semarang yang mengikuti kegiatan Prakerin pada semester genap tahun 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data dengan menganalisis hasil angket validasi ahli media dan materi serta menganalisis keefektifan media e-learning pada siswa Prakerin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak oleh ahli media dengan skor 84,17% dan ahli materi dengan skor 86,67%. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan uji t (paired sample t-test) memperoleh nilai signifikansi = 0.00, karena nilai signifikansi 0.00 < batas kritis 0.05 maka H0 ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar siswa Prakerin antara sebelum dan setelah menggunakan e-learning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-learning dapat dimanfaatkan sebagai salah satu penunjang pembelajaran pada siswa Prakerin. Produk e-learning yang dikembangkan dalam penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran pada siswa yang mengikuti kegiatan Prakerin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Learning, Prakerin, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2019 13:28
Last Modified: 08 May 2019 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32558

Actions (login required)

View Item View Item