PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK KELAS VII SMPN 41 SEMARANG
Muhammad Taqyuddin , 1102413072 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK KELAS VII SMPN 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA POKOK BAHASAN SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK KELAS VII SMPN 41 SEMARANG)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran interaktif mempunyai banyak manfaat dalam proses pembelajaran. Salah satu manfaat media pembelajaran interaktif adalah mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran, namun hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang sederhana seperti buku cetak dan powerpoint, sehingga siswa kurang memperhatikan pembelajaran. Perlu adanya media interraktif untuk menarik minat siswa, akan tetapi guru kesulitan dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran sehingga perlu adanya sebuah pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality pada pelajaran IPA pokok bahasan Sistem Organ Tubuh Manusia. Peneliti mengembangkan media pembelajaran menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Dick and Carry, model ADDIE. Tahap pengembangan media yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan, (3) pengembangan produk, (4) penerapan media pembelajaran (5) evaluasi media pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 41 Semarang. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase skor hasil validasi rata-rata ahli media dari 3 aspek yaitu aspek desain tampilan, aspek rekayasa perangkat lunak, dan aspek kelayakan sistem dengan skor 73,23%, sedangkan skor validasi rata-rata ahli media dari 2 aspek (aspek materi pembelajaran dan aspek isi) dengan skor 90%. Berdasarkan rata-rata tersebut media pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Hasil uji keefektifan dengan uji-t yang telah dilakukan menunjukkan nilai t-hitung sebesar 7,91 sedangkan t-tabel sebesar 1,669 dengan taraf signifikansi 5%. Nilai t-hitung yang lebih besar dari t-tabel mengakibatkan penolakan terhadap (H0) sehingga hipotesis (Hi) diterima, dan karena hal tersebut media dikatakan efektif. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai referensi pengembangan media pembelajaran IPA yang bisa berguna dalam proses belajar mengajar di SMP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Organ Tubuh, Aplikasi, Pengembangan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 08 May 2019 13:21 |
Last Modified: | 08 May 2019 13:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32557 |
Actions (login required)
View Item |