EVALUASI PROGRAM KO-KURIKULER SINEMATOGRAFI “TWO WEEKS ONE VIDEO” PADA SISWA KELAS X PRODI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG


Ferlina Khoirun Nisa , 1102413044 (2018) EVALUASI PROGRAM KO-KURIKULER SINEMATOGRAFI “TWO WEEKS ONE VIDEO” PADA SISWA KELAS X PRODI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM KO-KURIKULER SINEMATOGRAFI “TWO WEEKS ONE VIDEO” PADA SISWA KELAS X PRODI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM KO-KURIKULER SINEMATOGRAFI “TWO WEEKS ONE VIDEO” PADA SISWA KELAS X PRODI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kompetensi dalam bidang konten video pada siswa multimedia dan lulusan multimedia yang kurang diterima di dunia industri pada bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan pelaksanaan Program Ko-kurikuler Sinematografi “Two Weeks One Video” di jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan model CIPP. Populasi dalam penelitian ini Waka Kurikulum SMK N 11 Semarang 1 orang, Ketua Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang 1 orang, guru pembimbing kegiatan 2 orang, dan siswa kelas X Multimedia SMK N 11 Semarang sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah random sampling dengan metode slovin dan dipilih sampel sejumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus perhitungan statistika menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa :1) kedudukan ko-kurikuler dalam struktur kurikulum sekolah adalah berupa penugasan terstruktur. 2) kebutuhan program telah sesuai dengan tujuan Program Ko-kurikuler Sinematografi “Two Weeks One Video”. 3) kualifikasi tenaga pendidik telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, namun kinerja dalam penilaian produk dan kompetensi siswa belum dapat dilakukan dengan maksimal. 4) kualifikasi peserta didik menunjukan kategori cukup baik yaitu 68%. 5) kualitas sarana dan prasarana menunjukan persentase 76% yaitu cukup baik. 6) Alokasi anggaran menunjukan hasil cukup baik.7) proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran memiliki persentase 79% yaitu cukup baik, 8) hasil program meliputi kompetensi siswa dan produk video siswa masuk dalam kategori cukup baik yaitu 78% dan 76%. Dari hasil penelitian, secara garis besar hasil evaluasi Program Ko-kurikuler Sinematografi “Two Weeks One Video” dalam kategori cukup baik. Saran bagi pihak jurusan untuk mengefektifkan waktu belajar sesuai dengan waktu penugasan ko-kurikuler, agar melakukan evaluasi dan monitoring Program Ko-kurikuler Sinematografi “Two Weeks One Video” secara berkala, selain itu pihak sekolah perlu mengadakan rekruitmen tambahan untuk guru, peserta didik perlu menemukan passion yang dimiliki, serta perlu adanya kerjasama warga sekolah untuk menjaga sarana dan prasarana, selain itu pihak sekolah perlu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuka peluang usaha sejak dini dengan cara mengadakan kegiatan multimedia kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Ko-kurikuler Sinematografi, CIPP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2019 14:53
Last Modified: 07 May 2019 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32554

Actions (login required)

View Item View Item