PEMANFAATAN YOUTUBE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES SEBAGAI SARANA MENJADI KREATOR VIDEO DI YOUTUBE


Muhammad Rosyid Hidayat , 1102413043 (2018) PEMANFAATAN YOUTUBE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES SEBAGAI SARANA MENJADI KREATOR VIDEO DI YOUTUBE. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PEMANFAATAN YOUTUBE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES SEBAGAI SARANA MENJADI KREATOR VIDEO DI YOUTUBE]
Preview
PDF (PEMANFAATAN YOUTUBE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES SEBAGAI SARANA MENJADI KREATOR VIDEO DI YOUTUBE) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan sosial media Youtube di Indonesia, Youtube memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menjadikan Youtube sebagai tempat mencari informasi atau memberikan informasi berupa media video. Mahasiswa Teknologi Pendidikan dengan mata kuliah yang telah diampu dapat memanfaatkan sosial media Youtube sebagai sarana menjadi kreator video di Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Youtube oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan, proses menjadi kreator video di Youtube dan kendala dari mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam memanfaatkan Youtube sebagai sarana menjadi kreator video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomonologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan pemanfaatan Youtube oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan berjalan cukup sesuai dengan teori pull content. Youtube memberikan segala informasi dan materi dalam membantu menyelesaikan tugas mahasiswa Teknologi Pendidikan. Selain itu dengan bekal mata kuliah yang telah diampu, mahasiswa Teknologi Pendidikan dapat menjadikan Youtube sebagai sarana menjadi kreator video di Youtube apabila mahasiswa Teknologi Pendidikan mau dan konsisten untuk menekuninya. Proses menjadi kreator video di Youtube dilalui dengan tiga tahapan yakni pra-produksi, produksi dan pengembangan. Disimpulkan bahwa mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam memanfaatkan Youtube sebagai sarana menjadi kreator video dinyatakan mampu dan paham dengan proses menjadi kreator video di Youtube. Hasil penelitian dari responden menunjukan bahwa mereka mampu membuat video dan menguploadnya di channel Youtube sehingga sesuai dengan tujuan dan manfaat masing-masing dalam memanfaatkan Youtube sebagai kreator video. Kendala yang terjadi ialah kurang tertariknya mahasiswa Teknologi Pendidkan dengan pemanfaatan Youtube sebagai sarana untuk menjadi kreator video. Selain itu yang menjadikan kendala adalah konsistensi dalam membuat video di Youtube sehingga terjadi permasalahan pada tahap pra-produksi, produksi dan pengembangan. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberikan stimulus berupa pelatihan Youtube kepada seluruh mahasiswa Teknologi Pendidikan dan menggunakan Youtube sebagai media untuk menyalurkan kreatifitas serta wadah untuk tugas mahasiswa yang berupa media video.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Youtube, Teknologi Pendidikan, Kreator Video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2019 14:22
Last Modified: 07 May 2019 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32552

Actions (login required)

View Item View Item