EVALUASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 02


Salamatus Sakdiyah , 1102413015 (2018) EVALUASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 02. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 02]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM UPAYA MENCIPTAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 02) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesepakatan bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor: 03/MENLH/02/2010 dan Nomor: 01/II/KB/2010 untuk mengembangkan program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan program Adiwiyata dilihat dari analisis kebutuhan, tujuan dan indikator pelaksanaan program, kompetensi guru dan siswa, ketersediaan sarana prasarana, pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan kegiatan program Adiwiyata, dan hasil pelaksanaan program Adiwiyata terkait sikap dan perilaku warga sekolah terhadap kepedulian lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan program berdasarkan rekomendasi dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang, serta untuk memfasilitasi budaya bersih yang sudah lama diterapkan sekolah. Tujuan program secara umum telah terlaksana dengan efektif namun pada tujuan memberikan ketrampilan kepada siswa mengolah sampah belum berjalan dengan baik. Guru dan siswa mendukung adanya program Adiwiyata namun lebih dari 70% guru kurang siap mengimplementasikan program Adiwiyata ke dalam pembelajaran. Sarana prasarana pendukung program Adiwiyata cukup lengkap namun untuk kolam ikan dan rumah kompos kondisinya kurang terawat. Kurikulum tentang lingkungan hidup sudah diintegrasikan ke dalam KTSP dan Kurikulum 2013 namun implementasi dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler belum efektif. Lebih dari 70 % guru belum menyisipkan materi lingkungan ke dalam silabus dan RPP sehingga pembelajaran belum berjalan efektif. Jum’at Bersih, piket kelas, perawatan tanaman, kerja bakti dan lomba kebersihan lingkungan merupakan kegiatan lingkungan yang diadakan oleh sekolah dan berjalan cukup efektif. Warga sekolah lebih peduli terhadap keadaan lingkungan sekitar. Dari hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan, yaitu agar pihak sekolah konsisten untuk mencapai tujuan, mengintegrasikan materi lingkungan secara optimal ke dalam kegiatan intrakurikurikuler dan ekstrakurikuler, memberikan pelatihan tentang program Adiwiyata kepada guru, menunjuk pihak tertentu untuk melakukan perawatan sarana prasarana, guru mempertahankan penggunaan metode pembelajaran yang melibatkan siswa aktif, sekolah berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan di luar sekolah serta mempertahankan bahkan meningkatkan hasil dari program adiwiyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Adiwiyata, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2019 13:55
Last Modified: 29 Apr 2019 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32547

Actions (login required)

View Item View Item