PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN


Tri Dewi Nugraheni , 1102413002 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Kebumen masih konvensional, terutama pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Minimnya penggunaan media pembelajaran di kelas padahal telah tersedia fasilias teknologi yang memadai namun kurang dimanfaatkan oleh guru. Metode pembelajaran yang membosankan tersebut berdampak pada minat belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini merupakan Research and Development dan model pengembangan yang digunakan dalam peneliltian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK N 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Sejarah Indonesia pada materi Corak Kehidupan Masyarakat Pra Aksara. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata validasi ahli materi sebesar 72,3% dilihat dari aspek kesesuaian materi dan kesesuaian bahasa, sedangkan persentase rata-rata skor validasi ahli media sebesar 78,54% dilihat dari aspek desain tampilan, animasi, video, audio, dan kemudahan pengunaan media. Hasil penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa, dilihat dari hasil pengukuran peningkatan minat belajar siswa melalui uji N-gain yang memperoleh hasil 0,71. Peningkatan minat belajar siswa diperkuat oleh pendapat guru yang memperoleh uji N-gain sebesar 0,8. Kedua data tersebut termasuk dalam kategori tinggi menurut kriteria faktor gain yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pendukung dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan simpulan, maka dapat disarankan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Sejarah Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2019 13:43
Last Modified: 29 Apr 2019 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32545

Actions (login required)

View Item View Item