PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI DOES UNIVERSITY DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME


Eka Danu Saputra , 1102412117 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI DOES UNIVERSITY DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI DOES UNIVERSITY DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME]
Preview
PDF (PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI DOES UNIVERSITY DALAM PERSPEKTIF KONSTRUKTIVISME) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal. Konstruktivisme adalah salah satu pandangan tentang proses pembelajaran yang menyatakan bahwa dalam proses belajar (perolehan pengetahuan) diawali dengan terjadinya konflik kognitif yang hanya dapat diatasi melalui pengetahuan diri dan pada akhir proses belajar pengetahuan akan dibangun oleh anak melalui pengalamannya dari hasil interkasi dengan lingkungannya Tujuan penelitina ini yaitu : (1)Untuk mengetahui prencanaan pembalajran di DOES UNIVERSITY(2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan konsep atau desain pembelajaran di DOES UNIVERSITY (3)Untuk mengetahui sistem pembelajaran yang dilakukan dalam DOES UNIVERSITY dalam pendekatan konstruktivisme (4)Untuk mengetahui sistem evaluasi yang dilakukan di DOES UNIVERSITY (5)Untuk Mengetahui cara dan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi kenadala penerapan pembelajaran konstruktivistik di DOES UNIVERSITIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan yang di wawancarai adalah kepala lembaga, mentor, dan siswa. Hasil penelitian : (1) Perencanaan pembelajaran yang sudah sesuai dengan silabus yang ditetapkan (2) Pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan yaitu pendahuluan dan penutup dilakukan dengan baik, memasuki proses pembelajaran inti terjadi kendala dimana tidak semua mentor yang mendampingi siswa dapat menjalankan dengan baik proses pembelajaran agar siswa jauh lebih aktif baik bertanya dan mencari informasi sumber pembelajaran agar mereka dapat mengkonstruksi pengetahuanya. Mengenai evaluasi pembelajaran menitik beratkan pada aspek sikap yaitu disiplin, aktif, percaya diri dan tanggung jawab terutama keakitfan siswa. Hambatan yang terjadi saat pembelajaran animasi dengan pendekatan konstruktivisme yaitu mengenai komunikasi, kualitas SDM mentor, perlengkapan komputer kurang. Solusi memberi pelatihan terhadap mentor untuk meningkatkan kualitas SDM dan komunikasi mentor terhadap siswa, segera melengkapi fasilitas komputer yang kurang memadahi . Kesimpulan proses pembelajaran belum berjalan dengan baik dikarenakan kumunikasi dan kualitas SDM mentor, serta kurangnya jumlah fasiltas komputer. Saran sebaiknya mentor lebih telaten, lebih dekat dan memahami karakter siswa, serta mengikuti pelatihan teknik pembelajaran yang lebih konstruktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran , Konstruktivisme
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2019 13:36
Last Modified: 29 Apr 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32544

Actions (login required)

View Item View Item