PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU INKLUSI DI SMP NEGERI 7 PEMALANG TAHUN AJARAN 2017/2018


Mustika Hening, 1102412048 (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU INKLUSI DI SMP NEGERI 7 PEMALANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, FIP.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU INKLUSI DI SMP NEGERI 7 PEMALANG TAHUN AJARAN 2017/2018]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU INKLUSI DI SMP NEGERI 7 PEMALANG TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam Undang-undang dasar 1945 yang sudah diamandemen pada pasal 31 ayat (1) menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, ayat (2) setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Termasuk untuk anak yang berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusi didefinisikan sebagai sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah reguler yang terdekat dengan tempat tinggalnya. Kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dalam organisasi tersebut. Kinerja guru merupakan faktor lainnya yang tidak kalah penting memengaruhi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 7 Pemalang; (2) kinerja guru inklusi di SMP Negeri 7 Pemalang; dan (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru inklusi di SMP Negeri 7 Pemalang. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang dilakukan pada guru SMP Negeri 7 Pemalang dengan jumlah responden 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner/angket, dokumentasi, dan wawancara sebagai pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas kepemimpinan kepala sekolah dinilai oleh sebagian besar guru SMP Negeri 7 Pemalang berada pada kategori sangat efektif (84%); (2) kinerja guru inklusi dinilai oleh sebagian besar guru SMP Negeri 7 Pemalang yang menjadi responden, yaitu sebesar 66% mempunyai kinerja yang sangat efektif; (3) adapun besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru inklusi di SMP Negeri 7 Pemalang adalah sebesar 40.1% sedangkan 59.9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini, yaitu fungsi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah hal ini dilihat dari hasil wawancara terhadap beberapa guru dan kepala sekolah SMP Negeri 7 Pemalang. Saran dari penelitian ini kepala sekolah diharapkan mengupayakan fasilitas pendukung yang sangat dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus dan megirimkan guru untuk mengikuti pelatihan nasional atau bahkan internasional. Bagi guru perlu adanya peningkatan kompetensi guru secara khusus, diantaranya melalui diklat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Inklusi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Apr 2019 13:29
Last Modified: 29 Apr 2019 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32543

Actions (login required)

View Item View Item