Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Cahaya


Sutrisni, 4201407059 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Cahaya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Cahaya]
Preview
PDF (Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Cahaya) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan pembelajaran fisika masih menggunakan metode yang konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru yang mengakibatkan siswa cenderung kurang termotivasi, kurang aktif, dan kurang berkonsentrasi selama proses pembelajaran fisika. Kondisi ini menyebabkan hasil belajar siswa belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sebagian besar siswa masih di bawah KKM yang ditentukan. Kondisi tersebut diperbaiki dengan cara mencari alternatif model pembelajaran baru yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif berupa model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga. Tujuan dari peneliitan ini yaitu mengetahui pengaruh dan menganalisis hasil belajar model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga dari pembelajaran konvensional. Penerapan pembelajaran tersebut dapat mengaktifkan siswa, karena menekankan pada pembelajaran individu dalam kerja kelompok. Selain itu siswa mengalami langsung pembelajaran melalui pemanfaatan alat peraga sebagai alat komunikasi yang dapat menyampaikan pembelajaran dari keadaan nyata menuju ke abstrak. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batangan semester genap tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan uji homogenitas dengan uji barlett diketahui populasi penelitian homogen sehingga dalam penentuan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Control Group Pre-Test Post-Test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran TAI berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan normalized gain diperoleh peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,51 dan kelas kontrol sebesar 0,43. Pengaruh tersebut juga dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa yaitu 72,73 dan hasil belajar psikomotorik siswa 78,60 (observer 1) dan 72,53 (observer 2), sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa yaitu 69 dan hasil belajar psikomotorik siswa 70,49 (observer 1) dan 68,06 (observer 2). Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran TAI berbatuan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa serta lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI), Alat Peraga, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2011 02:19
Last Modified: 25 Apr 2015 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item View Item